PMN Jokowi Dibekukan hingga Pembahasan Tahun Depan

Suci Sedya Utami    •    Sabtu, 31 Oct 2015 00:12 WIB
rapbn 2016
PMN Jokowi Dibekukan hingga Pembahasan Tahun Depan
Gedung Parlemen. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sidang Paripurna DPR RI ke sembilan menyepakati untuk membekukan penyertaan modal negara (PMN) tahun depan pada perusahaan BUMN sebesar Rp40, 42 triliun. PMN tersebut diusulkan untuk kembali dibahas dalam Anggaran Pendapatan Belanja Negara Perubahan (APBNP) 2016.

"Mengenai penyertaan modal negara dikembalikan ke komisi terkait untuk dibahas dalam APBNP 2016," kata Pimpinan Sidang yang merupakan Wakil Ketua DPR, Taufik Kurniawan di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (30/10/2015) malam.

Kesepakatan tersebut disetujui antara DPR dan Pemerintah dengan mempertimbangkan adanya catatan dari sembilan fraksi yang memberikan perhatian pada usulan PMN.

Seperti Fraksi pendukung Pemerintah PDI Perjuangan yang menilai alokasi anggaran PMN sudah selayaknya direlokasikan untuk program kerakyatan dalam bentuk program-program padat karya. Dengan demikian APBN 2016 tidak perlu ada alokasi anggaran PMN untuk BUMN.

Partai Gerindra bahkan tidak setuju dengan adanya PMN sebesar Rp40,42 triliun pada BUMN. Menurut partai berlambang Burung Garuda ini, pada hakikatnya BUMN menjadi agent of development dan memberikan kontribusi untuk menggerakkan ekonomi nasional serta mampu memberikan dividen untuk meningkatkan pendapatan negara, bukan malah sebaliknya membebani APBN.

Fraksi Partai Gerindra berpendapat bahwa PMN ini sebaiknya dialokasikan pada hal-hal yang langsung prorakyat, antara lain peningkatan alokasi Dana Desa, infrastruktur pertanian yang menjaga kedaulatan pangan, dan penanggulangan kebakaran hutan serta pelestarian lahan gambut.

Sementara itu, Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan menjelaskan dengan adanya pembekuan tersebut, berarti Pemerintah dan BUMN terkait tidak bisa menggunakan pagu anggaran tersebut sebelum dibahas di APBNP 2016.

"Enggak dicabut dari postur APBN, tapi enggak akan (bisa) dieksekusi, ditunda sampai APBNP saja, kita kan Insya Allah akan mengajukan APBNP dipercepat," jelas Askolani.


(AHL)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA