Polda Metro Tangkap Dua Pengacara LBH Jakarta

Achmad Zulfikar Fazli    •    Sabtu, 31 Oct 2015 01:31 WIB
demo buruh
Polda Metro Tangkap Dua Pengacara LBH Jakarta
Demo buruh---MTVN/Damar.

Metrotvnews.com, Jakarta: Polda Metro Jaya menangkap dua pengacara publik dari Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta, juga 23 buruh usai pembubaran aksi unjukrasa di depan Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara, Jumat (30/10/2015) malam. Mereka yakni Tigor Gempita Hutapea selaku pengacara publik LBH Jakarta dan Obed Sakti Andre Dominika selaku asisten pengacara publik LBH Jakarta.

"Iya benar, dua pengacara publik dari LBH dan 23 buruh di tangkap, 22 buruh terdiri dari 7 buruh perempuan. Sekarang sedang berada di Polda Metro Jaya," kata Direktur LBH Jakarta Alghiffari Aqsa saat dihubungi Metrotvnews.com, Sabtu (31/10/2015) dini hari.

Alghif menjelaskan, kedua pengacaranya tersebut ditangkap saat sedang bertugas mendampingi ribuan buruh. Mereka menuntut hak atas upah layak melalui pembatalan Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan di depan Istana Merdeka.

"Sejak sore tadi dua pengacara dari LBH ini menemani buruh dalam rangka menolak PP 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan, dan dua pengacara ditangkap saat mendokumentasikan penangkapan terhadap buruh," jelas dia.

Hingga saat ini, lanjut Alghif, sejumlah pengacara publik dari LBH Jakarta masih berada di Polda Metro. Mereka akan mengusahakan pembebasan terhadap dua anggotanya dan 23 buruh yang ditangkap. "Kita berharap tidak ada penahanan," tukas dia.

Sebelumnya, ribuan buruh melakukan unjukrasa di depan Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara, Jumat (30/10/2015). Aksi ini sempat menjadi tegang setelah ribuan buruh tetap bertahan hingga malam hari. Mereka menuntut PP Nomor 78 dicabut.

Namun kepolisian akhirnya melakukan tindakan tegas dengan membubarkan secara paksa para buruh. Polisi mengerahkan water cannon dan gas air mata untuk membubarkan aksi buruh ini.

Aksi ini adalah lanjutan. Sebelumnya pada Rabu, 28 Oktober, buruh sudah turun ke jalan, dengan tuntutan yang sama.


(AZF)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA