Spekulasi Suku Bunga Picu Emas Dunia Turun

   •    Sabtu, 31 Oct 2015 09:56 WIB
harga emas
Spekulasi Suku Bunga Picu Emas Dunia Turun
Ilustrasi (MI/ROMMY PUJIANTO)

Metrotvnews.com, Chicago: Emas berjangka di divisi Comex New York Mercantile Exchange berakhir turun pada Jumat waktu setempat (Sabtu pagi WIB), karena para pedagang terus berspekulasi tentang potensi kenaikan suku bunga Amerika Serikat (AS).

Mengutip Antara, Sabtu (31/10/2015), kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Desember kehilangan USD5,9 atau 0,51 persen menjadi menetap di USD1.141,40 per ounce. Emas berada di bawah tekanan karena para pedagang terus berspekulasi tentang kemungkinan kenaikan suku bunga Federal Reserve AS.

Peluang tersirat saat ini untuk kenaikan suku bunga pada pertemuan Desember adalah 54,3 persen menurut alat Fedwatch CMEGroup, dibandingkan dengan kesempatan untuk pertemuan Januari di 62 persen, menurut data yang sama. Semula diharapkan kenaikan suku bunga akan ditunda sampai 2016.

Kenaikan suku bunga Fed mendorong investor menjauh dari emas dan menuju aset-aset dengan imbal hasil, karena logam mulia tidak mengenakan suku bunga. Belum ada peningkatan suku bunga The Fed sejak Juni 2006, sebelum awal krisis keuangan Amerika.

Emas mendapat dukungan dan terhindar dari penurunan lebih jauh karena laporan yang dirilis oleh Departemen Perdagangan AS menunjukkan bahwa inflasi tidak dibangun dalam target Federal Reserve AS yang diinginkan.

Indeks USD turun 0,42 persen menjadi 96,80 pada pukul 18.00 GMT. Indeks adalah ukuran dari dolar terhadap sekeranjang mata uang utama. Emas dan dolar biasanya bergerak berlawanan arah, yang berarti jika dolar naik maka emas berjangka akan jatuh, karena emas yang diukur dengan dolar menjadi lebih mahal bagi investor.

Perak untuk pengiriman Desember naik 1,7 sen atau 0,11 persen menjadi ditutup pada USD15,567 per ounce. Platinum untuk pengiriman Januari turun USD4,2 atau 0,42 persen menjadi ditutup pada USD989,10 per ounce.



(ABD)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA