Rekomendasi Penutupan Bongkar Muat Batu Bara Diabaikan

Ahmad Rofahan    •    Sabtu, 31 Oct 2015 10:23 WIB
kabut asapbatu bara
Rekomendasi Penutupan Bongkar Muat Batu Bara Diabaikan
Siswa SMA Santa Maria menunjukkan tanggannya terkotori debu batu bara setiap selesai bermain basket. Foto: Metrotvnews.com/Rofahan

Metrotvnews.com, Cirebon: Aktivitas bongkar muat batu bara di Pelabuhan Cirebon terus berjalan. Sejumlah masyarakat, terutama pengajar dan kepala sekolah yang berada di Yayasan Santa Maria Cirebon, mengeluhkan hal ini. Mereka meminta pemerintah segera menutup aktivitas itu karena sudah sangat mengganggu kebersihan udara di sekitarnya.

“Sekolah kami sangat dekat dengan Pelabuhan Cirebon, sehingga dampaknya sangat terasa,” ujar Kepala Sekolah SMA Santa Maria, Nugroho Triatmaja, Sabtu (31/10/2015).

Pihak sekolah mengaku sudah melayangkan surat ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang ditembuskan kepada Presiden Joko Widodo terkait permasalahan yang mereka hadapi.

Nugroho mengatakan harus selalu dibersihkan area sekolah karena debu batu bara terus menerus mengotorinya. Beberapa antisipasi sudah dilakukan pihak sekolah seperti menutup ventilasi dan lainnya, namun tetap saja debu batu bara masuk ke dalam ruangan. “Apalagi kalau habis hari libur, lantai itu hitam pekat tertutup debu batu bara,” kata Nugroho.

Nugroho sangat menghawatirkan konsentrasi dan kesehatan para peserta didiknya. "Dari informasi yang kami dapatkan, debu batu bara bisa menghasilkan penyakit paru-paru hitam yang tidak bisa diobati. Jika terus-menerus muridnya menghirup debu batu bara tersebut, tidak menutup kemungkinan kesehatannya juga akan sangat terganggu. Dampaknya itu lebih bahaya dibandingkan asap. Oleh karena itu, kami minta untuk segera ditutup,” ujar Nugroho.

Pada pada Kamis, 15 Oktober, sejumlah elemen masyarakat, anggota DPRD, instansi terkait dan wali kota Cirebon mengadakan pertemuan dan hasilnya merekomendasikan penutupan aktivitas bongkar muat batu bara di Pelabuhan Cirebon. Namun, hingga kini aktivitas bongkar muat masih dilakukan. Aktivitas bongkar muat batu bara dikelola Pelindo II yang merupakan perusahaan BUMN.


(UWA)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA