Legislator Minta Harga BBM Diturunkan

Gervin Nathaniel Purba    •    Sabtu, 31 Oct 2015 11:34 WIB
harga bbm
Legislator Minta Harga BBM Diturunkan
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Kardaya Warnika menilai, adanya krisis di bidang energi khususnya Bahan Bakar Minyak (BBM) sangat berdampak bagi rakyat. Hal ini perlu segera dicarikan jalan keluarnya secepat mungkin.

Menurut Kardaya, seharusnya rakyat Indonesia tengah menikmati murahnya harga BBM lantaran harga minyak dunia berada di level cukup rendah. Dirinya mencontohkan rakyat Malaysia, yang saat ini sedang menikmati harga BBM yang murah.

"Di Malaysia harga bensin RON 95 sekitar Rp6.400 per liter. Kalau harga RON 88 harganya harusnya jauh lebih murah," ujar Kardaya, dalam paparannya, di Gedung DPR RI, Jakarta, Jumat 30 Oktober.

Ia berharap agar harga BBM bisa diturunkan sekarang ini. Apalagi, hal ini didukung dari penurunan harga minyak dunia yang terus menurun hingga titik terendah di level USD40 per barel. Bahkan, untuk saat ini harga minyak dunia telah berada di level USD45 per barel. 

"Turunkan harga BBM karena biaya pengadaan sudah turun. Karena terjadi pelemahan rupiah hanya sembilan persen. Sementara harga minyak turun 30 persen. Net turun harga minyak lebih besar dibanding pelemahan," jelasnya.

Kardaya menilai, dengan diturunkannya harga BBM maka penurunan itu dapat meringankan beban masyarakat kecil. Hal ini akan juga memiliki dampak terhadap berkurangnya beban ekonomi Indonesia sehingga nantinya diharapkan daya beli masyarakat kembali meningkat. 


(ABD)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

6 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA