Pemerintah Tegaskan PMN Ditujukan untuk BUMN Prioritas

Gervin Nathaniel Purba    •    Sabtu, 31 Oct 2015 11:45 WIB
pmn
Pemerintah Tegaskan PMN Ditujukan untuk BUMN Prioritas
Kementerian Keuangan (Foto: Dokumentasi Setkab)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah melalui Direktur Jenderal (Dirjen) Kekayaan Negara Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Sony Loho menegaskan jika pagu anggaran Penyertaan Modal Negara (PMN) 2016 disetujui Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) maka pencairannya akan ditujukan kepada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang diprioritaskan.

"Nanti bikin jadwal, kan mereka (Banggar DPR) kasih yang prioritas mana yang right issue, kan kita liat nanti saja. Tidak mungkin dibuat sekaligus kan," ujar Sony, saat ditemui di Gedung DPR, Jakarta, Jumat 30 Oktober.

Ia menilai, untuk mencairkan PMN di tahun depan maka syaratnya BUMN harus mendapat persetujuan dari DPR. Adapun persetujuan DPR ini melalui Komisi XI DPR, di mana setiap kali BUMN membutuhkan suntikan dana maka bisa dicairkan bila telah mendapatkan persetujuan, baik itu di kuartal I, kuartal II, kuartal III, maupun kuartal IV. 

"Tergantung jadwal butuhnya saja. Kalau butuhnya di kuartal I, kuartal II, kuartal III, atau kuartal IV ya kita bahas dulu. Kita sih inginnya di Komisi XI DPR. Tapi belum diputusin," jelasnya.

Sekedar diketahui, dalam RAPBN 2016, pemerintah mengalokasikan PMN kepada BUMN sebesar Rp40,42 triliun. Namun, pembahasan PMN masih terkendala karena Fraksi Gerindra menilai pada hakikatnya BUMN adalah agen perubahan yang berkontribusi menggerakkan ekonomi nasional. BUMN juga harus mampu memberikan dividen buat negara, bukan malah membebani APBN.


(ABD)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA