Kepercayaan Salah Tentang Penyakit Asma

   •    Sabtu, 31 Oct 2015 11:56 WIB
kesehatan
Kepercayaan Salah Tentang Penyakit Asma
Sakit asma tidak hanya menyerang anak. (foto:Huffingtonpost)

Metrotvnews.com, Jakarta: Lebih dari 1.000 penderita asma, 80 persennya mengaku mengidap penyakit ini dikarenakan polusi udara. Mengelola asma dengan baik adalah hal terpenting untuk kurangi risiko kambuh.

Dr Walker menjelaskan perawatan inhalasi atau lisan steroid sangat penting untuk mengendalikan reaksi asma ini. Itu mengapa penting memasang inhaler saat asma kambuh. Penggunaan inhaler tidak boleh sembarangan, penderita asma harus konsultasi ke dokter agar memakai inhaler dengan benar dan memperoleh dosis yang tepat.

Namun, ada banyak mitos salah terkait penderita asma yang kerap ditemui di masyarakat umum. Dan berikut di antaranya.

1. Hanya anak-anak yang menderita
Ada banyak orang yang menderita asma tidak sejak kecil, beberapanya bahkan didiagnosis pada usia 40 tahunan. Selain itu, ada juga wanita yang terserang menderita asma untuk kali pertama saat melalui menopause. Intinya, asma bukan berarti hanya menyerang anak-anak. 

2. Asma bukan penyakit yang serius
Lebih dari sepertiga penderita asma berisiko tinggi mengalami serangan yang cukup fatal. Dengan 5 persen pengidapnya mengalami gejala yang begitu parah seperti kesulitan bernapas hampir sepanjang waktu.

3. Jangan berolahraga ketika sakit asma
Malah dengan melakukan olahraga teratur dapat meningkatkan fungsi paru-paru dan membantu Anda tetap langsing, yang berarti asma akan sulit kambuh. Namun kalau sedang cuaca dingin, berpolusi wajar menghindari olahraga. Untuk jenis olahraga yang bisa dipilih, Anda perlu berbicara lebih lanjut dengan dokter Anda. 

4. Penderita asma selalu mengi
Banyak penderita tidak mengi (mengeluarkan suara abnormal) sama sekali. Mereka akan mengalami kondisi seperti batuk kering dan pilek ketika perubahan cuaca.

5. Inhaler pilihan terbaik saat asma kambuh
Secara efektif mengelola asma bukan hanya tentang mengambil inhaler saat asma mendadak kambuh. Pasien juga sering-sering perlu mengambil seperti inhaler setiap hari untuk memerangi peradangan kronis dan menghindari serangan nantinya di masa depan. (Sumarni/ Times of India)


(LOV)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA