18 TKI Ilegal Diusir Malaysia karena Narkoba

Antara    •    Sabtu, 31 Oct 2015 14:07 WIB
sabutki ilegal
18 TKI Ilegal Diusir Malaysia karena Narkoba
Foto ilustrasi. (Ant/M Rusman)

Metrotvnews.com, Nunukan: Sebanyak 18 orang dari 183 tenaga kerja Indonesia (TKI) ilegal yang diusir pemerintah Kerajaan Malaysia ke Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara diketahui tersangkut kasus narkoba.

Berdasarkan data yang diperoleh Pos Tempat Pemeriksaan Imigrasi Pelabuhan Internasional Tunon Taka Kabupaten Nunukan, Sabtu (31/10/2015), jenis pelanggarannya, yakni dokumen keimigrasian sebanyak 163 orang, kasus narkoba 18 orang, dan kasus kriminal biasa dua orang.

Johan, 35, seorang TKI yang diusir Malaysia karena kasus narkoba jenis sabu-sabu di Nunukan mengatakan, baru dua bulan mengonsumsi sabu-sabu, sebelum ditangkap aparat kepolisian negeri jiran.

Narkoba tersebut digunakan untuk menjaga stamina saat bekerja sebagai buruh pemetik buah kelapa sawit di Lahad Datu Negeri Sabah. Lelaki asal Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan ini mendapat sabu-sabu dari temannya sesama pekerja di Malaysia, yang dijual bebas di kawasan tempat tinggalnya.

"Saya dapatkan batu (sabu-sabu) dari teman-teman juga yang memang menjadi pengedarnya di tempat tinggal situ," ujar dia.

Johan bekerja di Negeri Sabah di perkebunan kelapa sawit sejak 1990. Ia tertangkap polisi setempat saat pulang dari kerja. Karena tes urinenya positif narkoba, dia divonis penjara selama 14 bulan.

TKI lain yang dipulangkan ke Kabupaten Nunukan karena kasus narkoba bernama Rian bin Jainuddin, 27. Dia mengaku tertangkap saat sedang mengonsumsi sabu-sabu di rumahnya di Sandakan Negeri Sabah.

Pria asal Kabupaten Bulukumba, Sulsel yang berangkat bersama kedua orangtuanya ke negara itu sejak balita ini mengonsumsi barang haram tersebut sejak dua tahun lalu.

Rian yang bertato ini sehari-harinya bekerja sebagai sopir truk pengangkut buah kelapa sawit. Dia dipenjara selama 14 bulan sesuai vonis Mahkamah Malaysia.


(SAN)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA