Pelanggar Lalu Lintas Didominasi Usia 18-30 Tahun

Patricia Vicka    •    Sabtu, 31 Oct 2015 16:28 WIB
operasi zebra
Pelanggar Lalu Lintas Didominasi Usia 18-30 Tahun
Operasi zebra. (ant/Eric Ireng)

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Hingga hari ke sembilan Operasi Zebra, Polres Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta telah menjaring sekitar 2.000 pengendara kendaraan roda dua dan empat.

Kasatlantas Polres Sleman AKP Yugi Bayu mengatakan, pelanggar terbanyak berasal dari pengendara kendaraan roda dua. "Dalam sehari ada 150-200 pengendara yang terjaring operasi kami. Kebanyakan pelanggar masih didominasi oleh pengendara sepeda motor," ujar AKP Yugi kepada Metrotvnews.com di Kantor Polres Sleman, Sabtu (31/10/2015).

Ia menyebarkan timnya ke seluruh wilayah Sleman dengan fokus di tiga tempat. Yakni di pasar Stan Tajem, Jalan Kaliurang Km 13, dan Jalan Wates Km 5 atau sekitar Pasar Gamping.

Yugi menjelaskan pelanggaran roda dua paling banyak terjadi karena tidak memakai standar keamanan secara lengkap dan tak membawa surat-surat kendaraan.

"Paling banyak karena tidak pakai helm, spion kurang satu, knalpot dimodifikasi dan surat-surat seperti SIM dan STNK tidak ada," jelasnya.

Kebanyakan pengendara yang melanggar peraturan lalu lintas adalah anak muda berusia 18-30 tahun yang masih berstatus pelajar, dan pekerja. Untuk itu selain melakukan penertiban, pihaknya juga gencar mensosialisasi cara berkendara aman.

"Sasaran sosialisasi kita buruh. Maka kami sering memberikan edukasi berkendara yang benar ke pabrik-pabrik. Kalau untuk pelajar kami bentangkan spanduk sosialiasi keselamatan di daerah dekat universitas," tutupnya.

Sebelumnya, Direktur Lalu Lintas Polda DIY Tulus Ikhlas Pamoji mengatakan operasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran hukum terhadap pengguna jalan agar mengurangi angka kecelakaan.

Operasi ini melibatkan 900 personel gabungan dari seluruh wilayah DIY.


(SAN)

Hakim Tegur Irvanto

Hakim Tegur Irvanto

15 hours Ago

Hakim Yanto menyebut, Irvanto memang berhak membantah keterangan para saksi. Namun demikian, Ir…

BERITA LAINNYA