Menangi Duel, Inter Kudeta Roma dari Puncak Klasemen

Achmad Firdaus    •    Minggu, 01 Nov 2015 04:46 WIB
as roma 2015--2016liga italiainter milan
Menangi Duel, Inter Kudeta Roma dari Puncak Klasemen
Perayaan para pemain Inter Milan menyambut gol Gary Medel yang membawa Inter menang 1-0 atas AS Roma (Foto: (AP Photo/Antonio Calanni)

Metrotvnews.com, Milan: Inter Milan keluar sebagai pemenang dalam duel sengit kontra AS Roma di giornata ke-11 Liga Italia Serie-A. Berkat gol tunggal Gary Madel aksi-aksi heroik Samir Handanovic di bawah mistar, Nerazzurri sukses membungkus kemenangan tipis 1-0, sekaligus mengkudeta Roma dari puncak klasemen sementara. 

Duel dua tim favorit scudetto di Giuseppe Meazza, Senin 1 November dini hari berlangsung cukup menarik. Inter sebagai tuan rumah justru lebih banyak mendapat tekanan dari Roma.

Sektor sisi lapangan menjadi area favorit para pemain Roma untuk melancarkan serangan balik cepat. Memanfaat kecepatan Mohamed Salah dan Gervinho, I Giallorossi kerap menciptakan peluang dari sisi lapangan.

Pada menit ke-15 misalnya, Miralem Pjanic menyisir sisi kiri pertahanan Inter, lalu melepas umpan silang yang disambut tandukan Edin Dzeko. Sayangnya, aksi Dzeko masih mampu dimentahkan Samir Handanovic.

Kiper asal Slovenia ini kembali melakukan penyelamatan gemilang pada menit ke-23. Kali ini saat mementahkan tendangan keras Maicon. Bola muntah yang coba dimaksimalkan Dzeko juga gagal berbuah gol lantaran tendangan berhasil di blok Danilo D'Ambrosio.

Tekanan dari Roma kembali datang. Kali ini lewat kerja sama apik Alessandro Florenzi dan Radja Nainggolan yang berakhir di kaki Salah. Sial, tembakan Salah dari sudut sempit hanya menerpa sisi luar jaring gawang.

Meski tampil lebih dominan dalam menciptakan peluang, Roma justru harus menerima kenyataan kebobolan lebih dulu. Inter sukses membuka keunggulan lewat tendangan jarak jauh Gary Medel yang menyusur ke pojok kanan gawang tanpa bisa dijangkau Wojciech Szczesny.

Roma coba merespons ketertinggalan 1-0 dengan meningkatkan tempo permainan. Sayangnya, serangan yang mereka bangun selalu gagal menembus tembok kokoh Inter yang sejauh ini menyandang predikat tim dengan rekor pertahanan terbaik di Serie A.

Di babak kedua, Roma kembali mengambil inisiatif serangan dan memaksa para pemain Inter fokus menjaga area pertahanan. Tekanan-tekanan yang dilancarkan Roma sejauh ini mampu diredam.

Menit ke-60, Salah punya peluang menyamakan kedudukan saat menerima umpan Pjanic. Sayang, karena mendapat gangguan dari Nagatomo, Salah tidak bisa mengarahkan bola dengan baik sehingga bola tendangannya masih membentur kaki Handanovic.

Handanovic benar-benar membuat para pemain Roma frustrasi di pertandingan ini. Dia melakukan empat penyelamatan dalam satu momen di menit ke-62. Pertama, menahan tembakan Florenzi. Lalu bola rebound yang ditendang Salah. Sejurus kemudian dia menangkis bola yang meluncur menuju gawangnya usai mengenai pemain Inter. Dan yang terakhir ia menangkap sundulan Salah. Luar biasa!

Puncak dari frustrasi yang dirasakan pemain Roma terjadi pada menit ke-73, ketika Pjanic diusir keluar lapangan. Dia harus meninggalkan permainan karena mendapat kartu kuning kedua usai dengan sengaja menahan bola dengan tangan atau melakukan handball.

Keluarnya Pjanic membuat Roma kian sulit mengejar ketertinggalan. Bahkan, gawang mereka nyaris kebobolan untuk kali kedua andai Szczesny tidak melakukan penyelamatan gemilang saat menepis tendangan akrobatik Brozovic dari jarak dekat.

Meski kalah jumlah pemain, Roma masih bernafsu mengejar ketertinggalan. Sementara itu, Inter tak ingin menyia-nyiakan keunggulan jumlah pemain untuk menambah gol. Sayangnya, dari sejumlah peluang yang diciptakan kedua tim, tidak ada gol tambahan tercipta. Inter menutup laga dengan kemenangan tipis 1-0 untuk kali keenam di pentas Serie-A musim ini.

Dengan tambahan tiga angka, Nerazzurri berhak mengkudeta Roma dari puncak klasemen sementara Serie-A. Inter mengoleksi 24 poin atau unggul satu angka dari Roma yang harus turun ke posisi dua.

Susunan Pemain
Inter Milan (4-3-3):
Handanovic; D'Ambrosio/Ranocchia (79'), Miranda, Murillo, Nagatomo; Guarin, Medel/Kondogbia (51'), Brozovic; Ljajic, Perisic, Jovetic/Palacio (65')

AS Roma (4-3-3): Szczesny; Maicon, Manolas, Rudiger, Digne; Florenzi/Falque (64'), Nainggolan, Pjanic (kartu merah/73'); Salah, Gervinho/Iturbe (84'), Dzeko/Vainqueur (77')



(ACF)