Takut Seperti 7K9268, Maskapai Besar Enggan Terbang via Mesir

Willy Haryono    •    Minggu, 01 Nov 2015 12:49 WIB
pesawat rusia jatuh di mesir
Takut Seperti 7K9268, Maskapai Besar Enggan Terbang via Mesir
Pesawat maskapai Emirates di Bandara Duesseldorf, Jerman, 3 Agustus 2015. (Foto: AFP / PATRIK STOLLARZ)

Metrotvnews.com, Dubai: Maskapai ternama Emirates menghentikan sejumlah rute penerbangan melewati Mesir setelah jatuhnya pesawat Rusia dengan nomor penerbangan 7K9268 di area pegunungan Sinai. 

Kekhawatiran diakibatkan berbagai hal, termasuk klaim kelompok militan Islamic State (ISIS) yang mengaku menembak jatuh pesawat 7K9268 dari maskapai Kogalymavia atau Metrojet.

"Emirates sedang menghindari terbang di atas Semenanjung Sinai hingga ada informasi lebih lanjut," ujar juru bicara maskapai asal Dubai, Uni Emirat Arab.

Dua maskapai besar lainnya melontarkan hal senada. Air France dan Lufthansa mengumumkan penghentian rute via Sinai hingga kasus jatuhnya 7K9268 selesai diinvestigasi. 

Dalam video di dunia maya, ISIS mengklaim telah menembak jatuh pesawat Rusia di Sinai tanpa menyebutkan detail lainnya. Otoritas Mesir membantahnya, dan menyebut kemungkinan jatuhnya pesawat akibat masalah teknis. Menteri Transportasi Rusia Maksim Sokolov juga menyebut klaim ISISI "tidak bisa disebut akurat." 

Sementara Menteri Penerbangan Sipil Mohamed Hossam Kamal mengatakan tidak ada hal abnormal sebelum 7K9268 jatuh. Pilot juga disebutnya tidak meminta perubahan rute penerbangan.

Metrojet 7K0268 membawa 214 turis Rusia, tiga asal Ukraina dan tujuh kru. Pesawat bertolak dari area wisata Sharm el-Sheikh di wilayah selatan Sinai menuju Saint Petersburg, Rusia. Seluruh penumpang dan kru meninggal dunia. 

Kotak hitam sudah ditemukan dan sedang dianalisis tim pakar gabungan Mesir dan Rusia.


(WIL)