ISPU Akibat Kabut Asap Memburuk

Mensos Imbau Ibu Hamil dan Anak-anak Segera Tempati Rumah Singgah

Gervin Nathaniel Purba    •    Minggu, 01 Nov 2015 13:05 WIB
kabut asap
Mensos Imbau Ibu Hamil dan Anak-anak Segera Tempati Rumah Singgah
Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa kunjungi rumah singgah di Palembang. (ANT-Trisnadi)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa mengimbau, kepada seluruh warga yang terkena dampak asap khususnya ibu hamil dan anak-anak segera menempati shelter rumah singgah. Pasalnya, Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) menunjukkan asap di beberapa wilayah sudah diambang batas standar 300. 

Ia meminta pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) untuk segera melakukan pendampingan kepada keluarga kurang mampu agar bisa diarahkan ke shelter rumah singgah untuk mendapatkan sirkulasi udara yang bagus.

"Ajak pendamping PKH, pendampingan keluarga kurang mampu, pendamping PKH ajak ibu-ibu hamil dan anak-anak balita agar mereka dapat bantuan PHK untuk segera cari tempat aman," ujar Khofifah Indar Parawansa ditemui di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (1/11/2015).

Tak hanya itu, Khofifah mengingatkan, sejumlah shelter tak perlu menggunakan air purifier atau penjernih udara  jika shelter sudah menggunakan pendingin ruangan (AC). Namun bila shelter tidak menggunakan AC, pihaknya akan segera menggunakan air purifier.

"Air purifier, kalau tempat itu ada AC tidak perlu, kalau tidak ada AC baru dipasanga air purifier," jelasnya.


(LDS)