ITB Jadi Tuan Rumah Pameran Sains Jerman 2015

Antara    •    Minggu, 01 Nov 2015 15:54 WIB
pameran
ITB Jadi Tuan Rumah Pameran Sains Jerman 2015
Foto: Ilustrasi pameran sains/AFP_Joe Klamar

Metrotvnews.com, Bandung: Institut Teknologi Bandung (ITB) jadi tuan rumah Pameran Sains Jerman (German Science Exhibition/GSE) 2015. Pameran ilmu pengetahuan ini digelar Kedutaan Besar Jerman di Indonesia.

"German Science Exhibition merupakan bagian dari runtutan Jerman Fest (pertemuan budaya dan musikal Jerman dan Indonesia) 2015 yang memamerkan ilmu pengetahuan dan terapan," kata Panitia GSE 2015 Ana Fortune di Kota Bandung, Jawa Barat, Minggu (1/11/2015).

Ana mengatakan, eksibisi ini digelar untuk memperkenalkan teknologi Jerman yang dihasilkan sejumlah perusahaan Jerman di Indonesia. Di antaranya perusahaan yang bergerak di bidang teknologi dan ilmu pengetahuan, seperti Lufthansa, BMW, Bosch, dan beberapa hasil riset dari badan riset ilmiah di Jerman.

Kegiatan ini, kata dia, memotivasi masyarakat khususnya generasi muda Indonesia agar bisa menciptakan teknologi baru. Kedutaan Besar Jerman mengajak mahasiswa Indonesia untuk melanjutkan dan meneliti banyak hal yang akan didukung Jerman melalui riset yang prospektif.

Selain pameran, juga digelar workshop dengan sejumlah pembicara. Mereka menjelaskan skema kerja sama dan peluang yang bisa dimanfaatkan khususnya oleh mahasiswa di Indonesia.

"Setiap tahun Kedubes Jerman di Indonesia menyelenggarakan acara Jerman Fest. Dan tahun 2015 dimulai dari September hingga Desember dengan tema budaya, seni, literatur, film, musik, teknologi dan ilmu pengetahuan," imbuh dia.

Sebelumnya eksibisi serupa digelar dua pekan penuh pada 6 hingga 15 Oktober 2015 di Museum Nasional Jakart. Kegiatan fokus pada teknologi Jerman yang diaplikasikan di Indonesia, salah satunya sistem peringatan dini untuk gejala bencana tsunami.

 


(TTD)