Korsel, Tiongkok, Jepang Diskusikan Kerja Sama Trilateral

Willy Haryono    •    Minggu, 01 Nov 2015 16:04 WIB
jepang-tiongkok-korsel
Korsel, Tiongkok, Jepang Diskusikan Kerja Sama Trilateral
PM Jepang Shinzo Abe (kiri), Presiden Korsel Park Geun-hye (tengah) dan PM Tiongkok Li Keqiang dalam pertemuan trilateral di Seoul, Korsel, Minggu (1/11/2015). (Foto: AFP / YONHAP)

Metrotvnews.com, Seoul: Pemimpin Korea Selatan, Tiongkok dan Jepang berjanji bekerja sama untuk mendorong sektor perdagangan dan keamanan regional dengan mengesampingkan catatan sejarah kelam di masa lalu. 

Presiden Korsel Park Geun-hye, Perdana Menteri Tiongkok dan Jepang, Li Keqiang dan Shinzo Abe, mendiskusikan berbagai topik, mulai dari perdagangan bebas hingga ancaman program nuklir Korea Utara, dalam sebuah pertemuan di Seoul, Minggu (1/11/2015). 

Belum ada terobosan apapun dari pertemuan ketiga pemimpin. Pertemuan lebih bersifat simbolis. 

"Kami saling berbagi pandangan bahwa kerja sama trilateral telah direstorasi dalam pertemuan kali ini," ujar ketiga pemimpin dalam konferensi pers gabungan, seperti dikutip AFP

Ketiga negara memulai pertemuan trilateral pada 2008. Namun, hubungan buruk Jepang dengan Korsel dan Tiongkok atas sejarah kelam Perang Dunia II membuat dialog lanjutan baru digelar pada 2012. 

Fokus pertemuan ketiga pemimpin di Seoul adalah hubungan ekonomi, di mana Tiongkok berusaha memperkuat jaringan perdagangan dalam upaya mendorong momentum segar terhadap perekonomiannya yang melambat.
(WIL)

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

10 hours Ago

Miryam S. Haryani yang menyebut ada pertemuan anggota Komisi III DPR dengan pejabat KPK setingk…

BERITA LAINNYA