Pemprov Jatim Klaim Merugi Rp800 Juta Akibat Kebakaran Hutan

Amaluddin    •    Minggu, 01 Nov 2015 16:15 WIB
kebakaran hutanasap
Pemprov Jatim Klaim Merugi Rp800 Juta Akibat Kebakaran Hutan
Foto: Kebakaran hutan di Gunung Lawu, Jawa Timur/Ant_Siswowidodo

Metrotvnews.com, Surabaya: Gubernur Jawa Timur Soekarwo mengklaim Pemerintah Provinsi Jawa Timur mengalami kerugian sebesar Rp800 juta dalam empat bulan terakhir akibat kebakaran hutan dan lahan di sejumlah wilayahnya. Tercatat, kebakaran hutan dan lahan seluas 498,9 hektare terjadi di sejumlah titik termasuk pegunungan di Jawa Timur.

"Kebakaran yang terjadi di sejumlah daerah di Jatim ini banyak macamnya. Di antaranya karena adanya pemburu burung yang membuat api di dalam hutan, kemudian tak dipadamkan. Ada juga pendaki yang membuat Api unggun yang juga ditinggalkan, sehingga api menjalar kemana-kemana," kata Soekarwo di Kota Surabaya, Jawa Timur, Minggu (1/11/2015).

Pria yang akrab disapa Pakde Karwo, itu mengaku pihaknya sudah mengerahkan petugas gabungan guna memadamkan api. Di antaranya Perhutani, TNI, Polri, dan masyarakat.

"Kerugian akibat kebakaran hutan tersebut mencapai sekitar Rp806,4 juta. Sedangkan korban jiwa mencapai 12 orang termasuk 4 orang yang hendak melakukan pemadaman api di hutan pinus di Kabupaten Ponorogo," ujar dia.

Kebakaran hutan di sejumlah daerah di Jawa Timur terjadi sejak 11 Juli hingga 22 Oktober 2015. Rinciannya, hutan seluas 63 hektare di petak 193 RPH Wagir, Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Malang, di Desa Dalisodo, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang, terbakar pada 11 Juli 2015.

Kemudian, hutan seluas 98,5 hektare di Desa Kedungun, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, dan 2 hektare hutan di Desa Lamongan, Kecamatan Arjasa Kabupaten Situbondo.

Selain itu, kebakaran hutan seluas 7,5 hektare juga terjadi di Desa Banyuglugur Kecamatan Banyuglugur, Kabupaten Situbondo. Di Desa Curahsawo, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo, seluas 10 hektare. Di Pasuruan di Desa Padusan, Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto seluas 2 hektare. Di Kediri di Desa Joho, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri, seluas 22 hektare. Di Desa Goliman Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri seluas 11,3 hektare. Desa Bajulan, Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk seluas 3,3 hektare.

Selanjutnya hutan seluas 16 hektare di Banyuwangi utara tepatnya di Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo. Hutan di Desa Balesari Kecamatan Ngajum Kabupaten Malang seluas 10 hektare. Hutan seluas 1,75 hektare di Desa Sambangrejo Kecamatan Modo, Kabupaten Lamongan dan hutan seluas 2 hektare di Desa Dradah Blumbang Kecamatan Kedungpring, Kabupaten Lamongan.

Kemudian, Gunung Lawu seluas 50 hektare yang terletak di Desa Sarangan, Kecamatan Panekan Kabupaten Magetan. Di Pasuruan luas hutan 25 hektare di Desa Kedungudi Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto juga hangus terbakar. Sementara di Tuban, yakni di Desa Minohorejo Kecamatann Widang Kabupaten Tuban seluas 2 hektare. Desa Pajaran Kecamatan Saradan Kabupaten Madiun seluas 5 hektare. Desa Girimulyo Kecamatan Jogorogo Kabupaten Ngawi seluas 100 hektare. Desa Sugihwaras Kecamatan Saradan Kabupaten Magetan seluas 5 hektare.

Di Pasuruan di Desa Cowek Kecamatan Purwodadi seluas 3 hektare. Di Desa Cowek Kecamatan Purwodadi Kabupaten Pasuruan seluas 2 hektare. Di Desa Sumberwijih Kecamatan Candipur Kabupaten Lumajang seluas 3 hektare. Di Desa Sarangan Kecamatan Panekan seluas 5 hektare. Terakhir, di Desa Sarangan, Magetan, seluas 30 hektare.


(TTD)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

8 hours Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA