Solusi Insomnia, Berhenti Main Gadget Sebelum Tidur

   •    Minggu, 01 Nov 2015 16:33 WIB
kesehatan
Solusi Insomnia, Berhenti Main Gadget Sebelum Tidur
Matikan gadget 90 menit sebelum tidur (Foto:Time)

Metrotvnews.com, Jakarta: National Sleep Foundation merekomendasikan setiap orang agar tidur antara tujuh hingga sembilan jam sehari. Namun, penelitian menemukan bahwa rata-rata orang hanya tidur 6 jam, 35 menit.

Baru-baru ini, dilakukan sebuah studi yang diikuti lebih dari 2 ribu orang. Hasil studi memperlihatkan kurang tidur hampir setara dengan kehilangan tujuh hari waktu tidur dalam setahun, di mana kesehatan akan sangat terpengaruh oleh hal ini.

Itulah mengapa insomnia termasuk masalah yang tidak boleh dianggap sepele.

Pakar tidur Silentnight, Dr Nerina Ramlakhan, memberikan beberapa tips agar tidur Anda tidak terganggu insomnia.

1. Berhanti main gadget
Pastikan Anda mematikan gadget 90 menit sebelum tidur agar otak tidak menangkap sinyal untuk selalu terjaga. Sebaliknya, Anda dianjurkan membaca buku, mendengarkan musik santai, dan mandi sebelum bergegas tidur.

2. Olahraga
Berolahraga secara teratur dalam keadaan apapun akan mengurangi tingkat hormon stres yang memungkinkan Anda tidur lebih nyenyak.

3. Perbanyak minum
Hindari meminum secangkir kafein. Perbanyak minum air, teh herbal, atau jus buah sebelum tidur supaya ketika tidur Anda tidak sering terjaga karena dehidrasi.

4. Ciptakan situasi tenang
Usahakan situasi kamar Anda tenang dan bersih agar tubuh gampang rileks dan cepat terlelap.

5. Jangan makan berat
Sangat tidak disarankan makan sebelum tidur. Lebih baik Anda mengemil pada siang hari berupa yoghurt, kacang-kacangan, buah-buahan, biji-bijian, agar tidur malam Anda lebih berkualitas.

6. Ubah pola pikir
Semakin Anda menekan diri untuk tidur, makin sulit pula Anda tidur. Anda hanya perlu melakukan hal-hal seperti disebutkan di atas agar cepat mengantuk. (Sumarni/Mirror)


(ROS)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

21 hours Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA