Puluhan Naga Terbang 'Kepung' Kota Tegal

Kuntoro Tayubi    •    Minggu, 01 Nov 2015 17:23 WIB
tradisi
Puluhan Naga Terbang 'Kepung' Kota Tegal
Sebuah tim menerbangkan naga layang-layang di Pantai Alam Indah Tegal, 1 November, MTVN -

Metrotvnews.com, Tegal: Sedikitnya 60 penggemar layang-layang berkumpul di Tegal, Jawa Tengah, Minggu 1 Oktober. Mereka mengikuti 'Festival Layang-Layang Nusantara' di Tegal.

Kegiatan berlangsung di Pantai Alam Indah (PAI) Tegal. Peserta festival tak hanya berasal dari Tegal. Peserta berdatangan dari sejumlah kota seperti Yogyakarta, Cilacap, Ponorogo, dan Magelang.

Mereka memamerkan layang-layang beragam bentuk dan warna di atas PAI Tegal. Sebagian besar peserta menerbangkan layang-layang lengkap dengan ekor yang panjang. Ada naga api, naga kembar, naga tarung, dan naga tua. Panjang naga bahkan hingga 100 meter.

"Banyaknya peserta Festival Layangan Nusantara di PAI Tegal yang bertema naga seperti membuat Kota Tegal dikepung segerombolan naga," kata Pelaksa Tugas Sekda Kota Tegal, Dyah Kemala Sintha, Minggu (1/11/2015).

Aksi para naga terbang di atas langit Kota Tegal mengundang decak kagum pengunjung pantai. Banyak pengunjung yang mengabadikan kegiatan itu dengan kamera ponsel masing-masing. 

"Saya berharap ke depan festival ini agar dikemas dengan baik dan maksimal sehingga wisatawan yang datang sangat menikmati saat menyaksikan Festival Layang-layang," kata Dyah.

Pemenang festival yaitu naga kembar. Pemilik naga layang-layang itu merupakan tim dari Ponorogo, Jawa Timur.


(RRN)