Menag Pastikan Asuransi WNI Korban Tragedi Crane Mekkah Cair

LB Ciputri Hutabarat    •    Minggu, 01 Nov 2015 18:04 WIB
crane jatuh di arab saudi
Menag Pastikan Asuransi WNI Korban Tragedi Crane Mekkah Cair
Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin--Foto: MI/Adam Dwi

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin memastikan WNI korban tragedi crane jatuh di Masjidil Haram, Mekkah mendapatkan santunan. Menteri Lukman mengatakan proses pencairan sedang dilakukan.

"Sudah masuk tahap pencairan. Semua warga negara kita ditanggung oleh asuransi. Untuk detailnya pencairan saya belum tahu teknisnya tapi sedang dicairkan," kata Menteri Lukman kepada Metrotvnews.com, Minggu (1/11/2015).

Lukman menjelaskan proses pencairan dan asuransi tidak mengalami kendala. Hanya saja, kata Lukman proses pencairan membutuhkan waktu sampai dana diterima para korban.

Lukman menegaskan pihaknya akan mengawal santunan yang harus diterima WNI dari pemerintah Arab Saudi. Kendati demikian, Indonesia tak bisa campur tangan terlalu jauh.

"Kita tidak bisa masuk terlalu jauh soal bantuan yang diberikan pihak Arab Saudi ke warga kita. Sebenarnya itu urusan internal pemerintah Arab Saudi. Yang jelas dari kita beri asuransi," ungkap dia.

Diketahui, sebanyak 11 WNI menjadi korban meninggal dunia dan sebanyak 42 jemaah calon haji mengalami cidera luka berat dan ringan pada peristiwa tersebut.

Kepada para korban, Raja Salman berjanji memberikan santunan sebesar satu juta riyal (Rp3,8 miliar) untuk korban meninggal dan cacat fisik tetap. Lalu, sekitar 500 ribu riyal (Rp1,9 miliar) untuk korban luka.

Sementara pemerintah Indonesia memberikan dan asuransi sebesar Rp70 juta untuk korban meninggal dunia dan Rp30 juta untuk korban luka-luka.


(MBM)