Hutan di Merapi Kembali Terbakar

Pythag Kurniati    •    Minggu, 01 Nov 2015 18:10 WIB
kebakaran hutan
Hutan di Merapi Kembali Terbakar
Foto: Gunung Merapi, Desa Jrakah, Selo, Boyolali, Jawa Tengah/Ant_Aloysius Jarot Nugroho

Metrotvnews.com, Boyolali: Kebakaran hutan di Gunung Merapi, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, kembali terjadi, Minggu 1 November. Kali ini, titik api muncul dari atas kawasan Dusun Sepi, Jrakah, Selo, Kabupaten Boyolali. Komandan SAR Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Boyolali, Kurniawan Fajar Prasetyo mengatakan, tim SAR akan memandu pendaki turun gunung.

Data BPBD Boyolali, ada ratusan pendaki yang berada di Merapi. Namun, sejak BPBD mendapat laporan ada kepulan asap di wilayah Dusun Sepi, satu per satu pendaki dipandu turun.

"Bukan evakuasi, ini pengawalan. Karena ditakutkan adanya pendaki yang terjebak. Maka kita pandu mereka untuk turun. Ada sekitar 200-an pendaki," kata Kurniawan Fajar Prasetyo saat dihubungi Metrotvnews.com, Minggu (1/11/2015)

Kurniawan mengungkapkan proses memandu turunnya pendaki terus berjalan hingga saat ini. "Kurang sekitar 40an, akan segera kami turunkan juga," imbuh dia.

Tim evakuasi terdiri dari BPBD, TNI, Polri, dan relawan. Selain memandu pendaki turun, tim juga memadamkan api dengan alat sederhana. Hingga berita ini disusun, jalur pendakian Merapi ditutup hingga waktu yang belum ditentukan.


(TTD)

Miryam: Sejak Awal Saya Kecewa

Miryam: Sejak Awal Saya Kecewa

22 minutes Ago

Miryam mengaku mendapat tekanan selama menjalani pemeriksaan di KPK dan menyesalkan sikap jaksa…

BERITA LAINNYA