On This Day

On This Day: Milbrett Berondong Lima Gol ke Gawang Panama

Alfa Mandalika    •    Senin, 02 Nov 2015 05:24 WIB
pada hari ini
<i>On This Day</i>: Milbrett Berondong Lima Gol ke Gawang Panama
Tiffeny Milbrett. (Foto: AFP/Jonathan Ferrey)

Metrotvnews.com: Prestasi Timnas sepak bola wanita Amerika Serikat di kancah internasional cukup oke. Tidak jarang, gelar-gelar bergengsi mampu diboyong timnas wanita Amerika.

Prestasi mentereng tersebut tidak terlepas dari peranan pemain yang tergabung dalam skuat. Amerika sempat memiliki striker mematikan macam Tiffeny Milbrett.

Di balik wajah cantiknya, Milbrett ternyata garang jika bertanding di lapangan. Apalagi, ketika beraksi di kotak penalti lawan. Terbukti, Milbrett pernah memaksa kiper lawan memungut bola sebanyak lima kali dalam satu pertandingan.

Momen spesial itu terjadi pada 2 November 2002. Ketika itu, Amerika memulai perjuangan di ajang Piala Emas di penyisihan Grup A. Pada laga ketiga grup, Amerika bentrok dengan Panama. Bertindak sebagai tuan rumah, Amerika tampil cemerlang dan mengalahkan Panama dengan skor 9-0!

Lima dari sembilan gol yang tercipta dicetak Milbrett pada menit 3, 5, 9, 23, dan 34. Kemenangan atas Panama itu membawa Amerika lolos ke babak semifinal. Di babak tersebut, Amerika mencukur Kosta Rika dengan skor 7-0. Lalu, di partai puncak menghadapi Kanada, Amerika menang dengan skor 2-1. Amerika pun meraih gelar kelima Piala Emas.

Namun, pencapaian Milbrett mampu disamakan oleh para juniornya yakni Abby Wambach pada 2004, Amy Rodriguez (2012), dan Sydney Leroux (2012). Tetapi, belum ada yang melewati rekor mencetak lima gol dalam satu pertandingna. (TDIFH)


(ASM)