Makanan yang Efektif Sembuhkan Edema

   •    Senin, 02 Nov 2015 10:43 WIB
kesehatan
Makanan yang Efektif Sembuhkan Edema
Cabai bersifat anti-inflamasi (Foto:Ehealth.eletsonline)

Metrotvnews.com, Jakarta: Edema adalah kondisi di mana air terakumulasi di antara lapisan kulit. Istilah medis ini merujuk pada kondisi pembengkakan dan menyerupai sifat peradangan.

Edema biasanya muncul pada kaki, lengan, dan pergelangan kaki. Namun, pada beberapa kasus bahkan dapat memengaruhi otak dan pembuluh darah.

Kondisi ini bisa muncul dari kehamilan, malnutrisi, gigitan serangga, sindrom pra-menstruasi, asupan garam yang tinggi, atau penyakit dan obat-obatan tertentu.

Anda tidak perlu khawatir. Edema masih dapat diobati secara alami dengan beberapa makanan berikut.

1. Kunyit
Kunyit mengandung sifat anti-inflamasi dan antioksidan guna menyembuhkan alergi, termasuk edema yang disebabkan oleh peradangan.

2. Cabai
Capsaicin, senyawa yang ditemukan dalam cabai dikenal akan kandungan anti-inflamasi. Capsaicin membantu untuk mengekang peradangan dan merupakan obat yang efektif untuk edema.

3. Jahe
Jahe terbukti mengurangi pembengkakan yang disebabkan oleh peradangan. Konsumsi teh jahe setiap hari untuk mengurangi masalah edema.

4. Nanas
Nanas kaya bromelain. Dengan demikian, nanas sangat efektif menyembuhkan peradangan, termasuk edema.

5. Kacang-kacangan
Kacang adalah sumber terbaik kalsium, serat, dan vitamin E. Nutrisi tersebut diperlukan untuk mengurangi kondisi peradangan dan edema. Kandungan asam lemak omega 3 membuat kacang-kacangan efektif dalam mengatasi edema.

6. Biji-bijian
Para ahli menyebutkan, mengonsumsi biji-bijian secara keseluruhan akan mengatasi masalah edema. Protein yang hadir dalam biji-bijian apabila disantap setiap hari akan mengusir edema. (Sumarni/Boldsky)


(ROS)