Ahok Tuding BPK Incar Keluarganya

LB Ciputri Hutabarat    •    Senin, 02 Nov 2015 11:46 WIB
basuki tjahaja purnama
Ahok Tuding BPK Incar Keluarganya
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok--Foto: MTVN/Surya Perkasa

Metrotvnews.com, Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaha Purnama curiga Badan Pemeriksa Keuangan RI sedang mengincar adiknya, Basuri Tjahaja Purnama yang juga Bupati Belitung Timur. BPK bergelagat aneh karena merubah nilai Pemerintah Kabupaten Belitung Timur dari Wajar Dengan Pengecualian (WDP) menjadi Tidak Wajar.

"BPK juga ngincar adik saya. Adik saya dari WDP jadi Tidak Wajar. Saya punya bukti semua, buku satu ditukar, buku dua tiga enggak ditukar," kata pria yang akrab disapa Ahok itu di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (2/11/2015).

Kecurigaan itu diindikasikan dengan sejumlah bukti kuat yang Ahok miliki. Ahok mengaku punya rekaman video sampai surat lengkap yang membuktikan hasil audit Pemkab Belitung Timur berubah tak wajar lantaran harus diaudit ulang.

Padahal, kata Ahok, audit tak boleh dilakukan secara berulang. "Kita punya videonya lengkap dia tukar buku. Untuk bisa bikin buku satu, harus buku tiga dulu, dua dulu, satu dulu. Jadi secara prinsip audit sudah enggak betul," ucap Ahok.

Melihat kejanggalan ini, Ahok mengaku sudah melapor ke Majelis Kehormatan BPK. Namun, hingga kini belum ada panggilan jelas mengusut kasus ini. "Saya sudah kirim surat lama, tapi enggak dipanggil, enggak diproses," aku Ahok.

Hingga September 2015, lanjut Ahok, BPK masih merilis hasil audit Belitung Timur sebagai Kabupaten dengan hasil Tidak Wajar. Ahok juga mengatakan, adiknya sempat dipaksa tutup mulut terkait masalah perubahan hasil audit ini.

"Terus dia bilang sama adik saya 'Diam-diamlah enggak usah ngomong kayak abang kamu'. Nah saya pikir ya sudah, baru kejadian di tahun yang sama, cuma adik saya orangnya diam saja," kata dia.


(MBM)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA