Jelang MotoGP Valencia 2015

Fakta Menarik Jelang MotoGP Valencia

A. Firdaus    •    Senin, 02 Nov 2015 16:29 WIB
motogp
Fakta Menarik Jelang MotoGP Valencia
Valencia menjadi jawaban siapa di antara Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo yang menyabet juara dunia MotoGP tahun ini (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Valencia: Lupakan sejenak insiden yang terjadi antara Valentino Rossi dan Marc Marquez di Sepang dua pekan lalu. Kini saatnya fokus pada MotoGP Valencia yang melibatkan Rossi dan rekan setimnya di Movistar Yamaha, Jorge Lorenzo.

Persaingan antara Rossi dan Lorenzo untuk memperebutkan gelar juara dunia MotoGP. Kedua pembalap dari Yamaha ini hanya terpaut tujuh poin. Rossi masih memimpin dengan 312 poin, sementara Lorenzo mengoleksi 305 poin.

Dari perebutan juara dunia ini, ada beberapa fakta menarik yang tersaji jelang pertarungan Rossi dan Lorenzo pada MotoGP Valencia, 8 November mendatang.

Dalam sejarah 67 tahun balapan motor bergengsi ini digelar, hanya ada 16 kali penentuan juara dunia ditentukan pada seri terakhir. Bahkan dengan keunggulan tujuh poin yang dimiliki Rossi, merupakan persaingan paling ketat yang terjadi di kelas primer sejak 1992.

Sirkuit Ricardo Tormo di Valencia menjadi arena penentu untuk menentukan siapa pemegang juara dunia tahun ini. Sirkuit ini juga tak asing menjadi jawaban dari rasa penasaran publik tentang siapa yang akan keluar sebagai juara dunia.

Sejak didaulat sebagai tuan rumah seri terakhir MotoGP pada 2002, ada dua momen menarik yang tersaji di Ricardo Tormo. Yang paling terkenal terjadi pada 2006, ketika Rossi harus mengakui kekalahannya dengan Nicky Hayden. Sedangkan 2013, giliran Lorenzo yang harus mengakui bahwa Marquez lebih pantas mengangkat gelar juara dunia MotoGP.

Sementara balapan tahun ini bisa dikatakan akan berjalan menarik. Pasalnya Rossi yang terkena penalti tiga poin akan start di posisi paling buncit.

Terkait sanksi tersebut, Rossi sudah mengajukan banding kepada Race Direction dan FIM, yang berujung penolakan. Ia juga mengambil langkah terakhir agar hukumannya dicabut dengan mengadu ke CAS akhir pekan lalu. Jawaban dari CAS bakal keluar pada 6 November, atau dua hari jelang lomba. (MotoGP)


(FIT)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

6 days Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA