Jepang Ingin Ikut Amankan Laut China Selatan

Willy Haryono    •    Senin, 02 Nov 2015 17:43 WIB
politik jepang
Jepang Ingin Ikut Amankan Laut China Selatan
Kapal angkatan laut Jepang (tengah) dan kapal angkatan laut Filipina berlayar sekitar 300 kilometer dari wilayah kontroversial yang diklaim Tiongkok di Laut China Selatan, 21 Mei 2015. (Foto: AFP/Philippine Navy)

Metrotvnews.com, Seoul: Jepang mengaku ingin bekerja sama dengan Korea Selatan dan Amerika Serikat dalam menjaga perdamaian di Laut China Selatan. 

Hal ini diungkapkan PM Jepang Shinzo Abe kepada Presiden Korsel Park Geun-hye di Seoul, Senin (2/11/2015), dalam diskusi perbaikan hubungan bilateral kedua negara. 

Jepang beberapa kali mengkritik langkah Tiongkok yang mengklaim hampir seluruh wilayah Laut China Selatan, yang juga digunakan Negeri Sakura dan Korsel dalam menjalankan aktivitas perdagangan. 

"Dia (Abe) bilang Jepang ingin bekerja sama dengan Korsel dan AS dalam berbagai kesempatan untuk menjaga perdamaian di lautan," kata Wakil Kepala Kabinet Koichi Hagiuda kepada awak media di Seoul, seperti dikutip AFP. 

Hagiuda tidak menyebutkan secara detail rencana Jepang. Namun pada Jumat kemarin, Menteri Pertahanan Jepang Gen Nakatani menegaskan Tokyo belum berencana mengikuti misi patroli "navigasi kebebasan" yang dipimpin AS di Laut China Selatan.

Sebuah kapal perang AS berlayar sekitar 12 mil laut dari pulau buatan Tiongkok yang dibuat di Laut China Selatan pada Kamis. Tiongkok geram dan mengingatkan insiden minor di Laut China Selatan dapat memicu peperangan. 

Abe mengatakan kepada Park situasi di Laut China Selatan "adalah kekhawatiran bagi komunitas internasional," tutur Hagiuda. 


(WIL)