MotoGP 2015

Honda Punya Data Kalau Rossi Memang Bersalah

A. Firdaus    •    Senin, 02 Nov 2015 19:21 WIB
motogp
Honda Punya Data Kalau Rossi Memang Bersalah
Marc Marquez dan Valentino Rossi (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Valencia: Presiden Honda MotoGP Shuhei Nakamoto bersikukuh kalau Valentino Rossi bersalah karena sudah menendang Marc Marquez. Ia juga memberikan beberapa data yang menguatkan pendapatnya itu.

Drama terjadi antara Rossi dan Marquez pada MotoGP Malaysia, dua pekan lalu. The Doctor dinyatakan bersalah karena tertangkap kamera menjatuhkan Marquez pada lap ketujuh di tikungan ke-14.

Namun, pihak Movistar Yamaha dan Race Direction sepakat kalau Marquez juga punya niat jahat untuk mempersulit langkah Rossi meraih gelar juara tahun ini. Meski pada akhirnya pembalap asal Italia itu terkena penalti tiga poin, yang berarti akan start di posisi terakhir pada MotoGP Valencia, 8 November mendatang.

"Data dari motor Marc menunjukkan, meskipun ia mencoba untuk menghindari kontak dengan Valentino, tentunya Marquez akan mengerem mendadak. Dampaknya ban depan bakal terkunci, dan Marquez tetap terjatuh," kata Nakamoto.

Saat ini Rossi sedang berupaya untuk mengajukan banding agar sanksinya dicabut. Setelah ditolak oleh Race Direction dan Federation Internationale de Motocyclisme (FIM), Rossi tak menyerah dengan mengajukan banding ke Court of Arbitration for Sport (CAS).

Honda yakin kalau usaha Rossi untuk mengajukan banding berakhir sia-sia. Sebab pihaknya punya bukti yang kuat dan bisa saja memberatkan Rossi.

"Kami yakin kalau tekanan ini adalah hasil dari tendangan Rossi. Akuisisi data dari motor Marc bisa digunakan jika ada Dorna, FIM atau media ingin memeriksanya," tegasnya. (Autosport)


(RIZ)