Di Balik Gunungan Sampah

Brebes Rintis Desa Mandiri Sampah

Kuntoro Tayubi    •    Senin, 02 Nov 2015 19:54 WIB
sampah
Brebes Rintis Desa Mandiri Sampah
Bupati Idza Priyanti (tengah) blusukan membersihkan sampah di Desa Cigedog, kecamatan Kersana, Brebes. Foto: Metrotvnews.com/Kuntoro Tayubi

Metrotvnews.com, Brebes: Pemerintah Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, merintis berdirinya desa mandiri sampah. Ada dua titik lokasi yang akan menjadi proyek percontohan program tersebut.

“Kita masih seleksi desa mana yang akan kita pilih. Harapannya, jika bisa dikelola dengan baik, maka tidak ada lagi sampah masuk ke TPA (tempat pembuangan akhir). Karena sudah ditangani dengan baik di tingkat desa,” kata kepala Kantor Lingkungan Hidup (KLH), Edy kusmartono, saat dihubungi Metrotvnews.com, Senin (2/11/2015).

Edy menjelaskan, di desa mandiri, sampah akan dipilah hingga akhirnya bisa dikirim ke unit pengolahan sampah tingkat desa. Aturan itu akan dimasukkan dalam Peraturan Desa (Perdes). Selain itu, menghidupkan bank sampah sebagai sarana produktif yang mempunyai nilai ekonomi dari sampah rumah tangga bagi warga.

Upaya sosialisasi terus dilakukan KLH bekerja sama dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait agar masyarakat menyadari bagaimana pentingnya mengelola sampah yang ada. Harapannya, sampah yang terpilah bisa mengurangi beban di TPA.

Bupati Brebes Idza Priyanti mengatakan akan membuat 10 titik tempat pembuangan sampah terpadu (TPST). Sepuluh titik tersebut tersebar di tiga wilayah yakni di utara Brebes, tengah dan selatan. TPST ini dibangun untuk menunjang TPA yang sudah ada.

“DPU (Dinas Pekerjaan Umum) sudah memperbesar TPST yang ada, seperti di Grinting. Tapi, nanti akan kita bangun sepuluh TPST lagi,” kata Idza.


(UWA)