Polda Metro: Pergub DKI Tentan Lokasi Unjukrasa Tidak Melanggar Kebebasan

Deny Irwanto    •    Senin, 02 Nov 2015 23:44 WIB
Polda Metro: Pergub DKI Tentan Lokasi Unjukrasa Tidak Melanggar Kebebasan
Ribuan buruh dari berbagai aliansi se-Jabodetabek melakukan longmarch di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Jumat (30/10) Foto: Antara

Metrotvnews.com, Jakarta: Polda Metro Jaya menyatakan sikapnya untuk mendukung Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Nomor 228 Tahun 2015 tentang Pengendalian Pelaksanaan Penyampaian Pendapat di Muka Umum pada Ruang Terbuka.

Kepala Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Mohammad Iqbal mengatakan, adanya Pergub tersebut tidak melanggar kebebasan dalam menyampaikan pendapat atau berbicara.

"Tidak (melanggar kebebasan menyampaikan pendapat), karena dalam UU No 9 tahun 1998 sudah diatur juga penyampaian pendapat dimuka umum, yang selama ini dimana saja, tapi esensi penyampaian pendapat, jadi tidak harus dikantor ini atau kantor itu tidak," ujar Iqbal kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Senin (2/11/2015).

Iqbal kembali mengatakan, Pergub ini menjadi momentum yang baik apalagi paska kejadian demo kemarin yang sempat diwarnai kericuhan. Ini juga bisa menjadi proses pembelajaran ke depan untuk berbagai instansi.

"Jadi bukan rahasia umum kalau ada unjuk rasa semua ketar-ketir, bakal ada minimal kemacetan atau maksimal ada ricuh-ricuh," ungkap Iqbal.

Iqbal pun berharap, Jakarta bisa menjadi contoh bagaimana unjuk rasa atau penyampaian pendapat dapat dilakukan lebih tertib dan lebih terkontrol.

"Nanti mudah-mudahan Jakarta bisa mendahului agar penyampaian pendapat di muka umum ada lokasi tertentu, pake microphone, sound system, tempat wartawan juga nanti disiapkan," tandasnya.
 
(ALB)