Industri Pendukung Otomotif

Pertamina Perkecil Kesempatan Curang para Pemilik SPBU Swasta

Ainto Harry Budiawan    •    Selasa, 03 Nov 2015 08:50 WIB
pertamina
Pertamina Perkecil Kesempatan Curang para Pemilik SPBU Swasta
SPBU Pasti Pas tidak ada bedanya antara 31 dan 34. MTVN/ A. Harry Budiawan

Metrotvnews.com, Jakarta: Kabar main nakal para pelaku bisnis Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU),  ramai beredar di masyarakat.  Pesan berantai tersebar melalui BBM, Whatsapp maupun media sosial. Pertamina pun merespons kabar tersebut.

Pertamina menegaskan bahwa mereka sekarang sudah lebih ketat dalam pengawasan kualitas SPBU. Jadi tak ada lagi perbedaan SPBU milik Pertamina sendiri dengan kode awal 31 dengan SPBU milik swasta.

Jaminan kualitas tidak ditentukan oleh kode nomor SPBU melainkan dari penerapan Pertamina Way ‘Pasti PAS’ di SPBU tersebut. Kemudian juga sertifikasi ‘Pasti PAS’.

"SPBU dengan milik swasta diaudit rutin dan menggandeng badan Metereologi. Selain itu ada juga pihak ketiga yakni TUV asal Jerman, yang ikut mengaudit dan mereka membawa alat sendiri," ujar Muhammad Resa, selaku Assistant Manager Brand Communication PT Pertamina (Persero).

Kriteria sebuah SPBU mendapatkan sertifikasi 'Pasti PAS' pun terbilang berat. Dari mulai diaudit setiap bulan, kemudian naik jadi dua bulan sekali dan seterusnya. Kalau dalam audit berikutnya standarnya turun, maka akan kembali dari tahap audit awal yang tiap bulan.

"Penilaian bukan hanya dari masalah takaran BBM, tapi juga kelengkapan, kebersihan, alat-alat SPBU, format fisik, pelayanan dan sebagainya. Total ada 21 item penilaian," sambungnya.

Kalau ada SPBU 'Pasti PAS' yang nakal, konsumen berhak melaporkan, nanti akan ada sanksinya. Mulai dari proses audit dilakukan dari awal, pencabutan sertifikasi 'Pasti PAS' sampai penghentian hak usaha, SPBU ditutup.


(UDA)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA