Upaya Tepat Mentan, Bantuan Benih dan Pupuk Lancar

Gervin Nathaniel Purba    •    Selasa, 03 Nov 2015 09:54 WIB
kementerian pertaniankementan ads
Upaya Tepat Mentan, Bantuan Benih dan Pupuk Lancar
Menteri Pertanian Amran Sulaiman. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kinerja Kementerian Pertanian (Kementan) yang sudah genap satu tahun menimbulkan banyak kontra dari berbagai pihak. Meskipun begitu, tidak sedikit pula yang pro terhadap kinerja Kementan.

Masalah pertanian yang menjadi sorotan Amran Sulaiman saat baru menjabat sekitar enam bulan sebagai Menteri Pertanian (Mentan) adalah para petani yang selalu terlambat menerima bantuan benih dan pupuk yang diberikan oleh pihak Kementan. Hal ini berdampak pada peningkatan produksi pangan yang menjadi terhambat.

Menanggapi keterlambatan pengiriman bantuan tersebut, Guru Besar Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor (IPB) Dwi Andreas Santosa memberikan kritiknya. Menurutnya akibat lambatnya bantuan yang diberikan Kementan, sebanyak 50 persen benih bersubsidi tidak dapat digunakan oleh para petani.

Namun, di sisi lain, Alumnus Fakultas Pertanian Universitas Satya Gama Medy Pramady menyatakan pendapat yang berlawanan dengan Andreas. Menurutnya, Mentan telah mengajukan perubahan regulasi kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait penyaluran benih dan pupuk bersubsidi.

"Saat usia kepemimpinan Mentan masih dua minggu, (Mentan) memutuskan menghadap Presiden untuk mengubah regulasi terkait penyaluran benih, pupuk dan alat mesin pertanian (alsintan) yang selama ini selalu menghambat peningkatan produksi pangan," ujar Medy Pramady, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa (3/11/2015).

Menurut Medy, perubahan regulasi yang disetujui oleh Presiden tersebut berisi tentang pengadaan benih, pupuk dan alsintan yang tadinya harus melalui tender sekarang dapat ditunjuk langsung. Sehingga hal ini sangat berdampak pada potensi peningkatan produksi.

Dengan adanya upaya tersebut, hingga saat ini keluhan keluhan mengenai keterlambatan penyaluran semakin berkurang. "Ada upaya agar ketepatan penyaluran benih terus diperbaiki. Sampai saat ini, keluhan mengenai keterlambatan penyaluran kian berkurang," jelas Medy.


(AHL)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

5 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA