Manfaat Konsumsi Saffron Saat Kehamilan Trimester 2

   •    Selasa, 03 Nov 2015 10:53 WIB
kesehatan
Manfaat Konsumsi Saffron Saat Kehamilan Trimester 2
Rempah saffron. (Foto:rowhanisaffron.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Istilah saffron mungkin tidak akrab di telinga Anda. Namun, perlu Anda tahu, saffron merupakan rempah-rempah termahal di dunia yang berasal dari bunga Crocus sativus (bunga pacar) yang tumbuh di Mediterania. Rempah yang dikenal dengan nama kuma-kuma ini umumnya berwarna jingga keemasan dan kerap dicampur untuk bumbu hidangan di India dan Timur Tengah. 

Orang zaman dulu percaya bahwa saffron pilihan tepat bagi ibu hamil bila ingin memiliki anak berkulit putih. Sayangnya, itu hanyalah mitos belaka. Akan tetapi, ada berbagai manfaat kesehatan yang bisa ibu hamil petik bila menyantap makanan mengandung saffron (pastikan tidak berlebihan).

Para ahli menyarankan mengonsumsi saffron pada trimester kedua agar keuntungan yang didapat lebih banyak. 

1. Membantu dalam pencernaan
Selama kehamilan, gangguan pencernaan adalah masalah yang sangat umum. Jika Anda minum susu saffron, maka keasaman pencernaan dapat diatasi dengan baik.

2. Mengurangi tekanan darah
Masa kehamilan, tekanan darah Anda sering berfluktuasi. Campuran saffron pada makanan untuk melemaskan otot Anda sebagai stimulan rahim.

3. Morning sickness menurun
Morning sickness kerap jadi masalah bagi wanita hamil. Anda akan sering mual dan pusing. Bila demikian, segera minum teh saffron. Aromanya bisa menenangkan suasana hati Anda.

4. Mencegah anemia
Sifat zat besi dalam saffron membuat sel-sel darah merah. Mayoritas ibu hamil pasti menderita anemia. Oleh karena itu, memakan saffron dapat meningkatkan hemoglobin dan mengatasi masalah Anda. 

5. Tidur lebih berkualitas
Saffron bekerja sebagai obat penenang. Wanita hamil sering mengalami insomnia. Jadi, pastikan Anda minum segelas susu saffron sebelum tidur. Bisa dipastikan tidur Anda lebih berkualitas.

6. Berantas alergi
Selama kehamilan Anda mungkin menghadapi serangan alergi seperti gatal-gatal, ruam kulit, batuk dan sebagainya, segera menyantap saffron sebagai obat. Selain itu, bila demam, menjadikan saffron sebagai kompres juga dapat menurunkan suhu panas. 

7. Bayi bergerak aktif
Bila ingin merasakan pergerakan aktif pada janin Anda pastikan minum saffron secara rutin. Tapi, disarankan tidak minum secara berlebihan. 

6. Atasi nyeri
Sifat anti-spasmodik pada saffron mencegah nyeri sendi, punggung dan perut. Saffron juga dapat membantu meningkatkan produksi ASI. (Sumarni/ Boldsky)


(LOV)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

6 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA