Pernikahan yang Bahagia Turunkan Risiko Terserang Jantung

   •    Selasa, 03 Nov 2015 13:11 WIB
kesehatanromansa
Pernikahan yang Bahagia Turunkan Risiko Terserang Jantung
Jalinan cinta yang bahagia bisa pengaruhi kesehatan. (foto:viral-feed.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Seperti lagu lama, jatuh cinta itu indah. Bahkan, penelitian mengungkapkan jatuh cinta dan menjalin hubungan memiliki korelasi yang besar untuk hidup lebih sehat. Secara emosional, cinta akan membuat Anda lebih bersemangat menjalani hidup.

Selain itu, masih banyak manfaat yang Anda dapatkan bila menjalin hubungan cinta. Dan berikut beberapa di antaranya. 

1. Jantung lebih sehat
Jurnal studi American Medicine menyebutkan bahwa mereka yang merasa dicintai dan didukung oleh pasangan memiliki penurunan risiko penyakit jantung. Sementara itu, penelitian dari San Diego State dan Universitas Pittsburgh menunjukkan bahwa wanita dalam pernikahan yang baik, lebih rendah risiko terkena serangan jantung daripada yang hidup dalam hubungan yang tidak sehat. 

2. Menurunkan tekanan darah
Berpegangan tangan selama 10 menit, diikuti dengan pelukan selama 20 detik memicu detak jantung dan tekanan darah lebih rendah. Di sisi lain, ini juga mampu meredakan stres yang Anda hadapi.  

3. Mengusir kanker
Dalam studi dari University of Iowa, peneliti menemukan bahwa pasien kanker ovarium yang memiliki hubungan percintaan yang bahagia memiliki frekuensi pembunuh alami dalam membasmi sel-sel kanker sebagai bagian dari respon kekebalan tubuh. 

4. Kekebalan tubuh meningkat
Para peneliti menemukan hubungan frekuensi keintiman seksual dan seberapa kuat sistem kekebalan tubuh Anda. Satu studi Pennsylvania menunjukkan bahwa seseorang yang terlibat aktivitas seksual sekali atau dua kali seminggu mengalami peningkatan 30 persen pada Immunoglobulin A yang bagus untuk menangkal berbagai penyakit. 

5. Merasa lebih baik
Seseorang yang jatuh cinta memiliki efek positif di otak yang menghasilkan neurotransmitter dopamin (sistem reward otak). Kegiatan romantis seperti berciuman dan berpelukan juga memicu produksi hormon oksitosin, yang membuat Anda selalu bahagia dan terhindar dari stres. (Sumarni/Keen)


(LOV)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

4 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA