Industri Kreatif RI Lebih Baik Dibandingkan di San Fransisco

Eko Nordiansyah    •    Selasa, 03 Nov 2015 13:16 WIB
ekonomi kreatif
Industri Kreatif RI Lebih Baik Dibandingkan di San Fransisco
Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf . (FOTO: ANTARA/Wahyu Putro)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf mengatakan, dalam kunjungannya beberapa waktu lalu ke Amerika Serikat (AS) memunculkan fakta yang cukup mengejutkan. Pasalnya, saat mengunjungi industri kreatif di sana, dirinya mendapati jika industri mereka tidak lebih baik dibandingkan yang ada di Indonesia.

"Industri kreatif kita enggak kalah. Iklim usaha di San Francisco ini sebenarnya enggak lebih baik dari Indonesia. Tapi hanya mereka lebih dulu maju saja, mereka sudah lebih dulu berjalan," ujarnya, di Conclave, Jalan Wijaya I, Jakarta Selatan, Selasa (3/11/2015).

Dengan pernyataan tersebut, Triawan semakin yakin jika sebenarnya industri ekonomi kreatif di Indonesia memiliki potensi untuk berkembang. Bahkan apa yang dilakukan saat ini sudah menunjukkan perkembangan yang pesat meski perlu lebih ditingkatkan.

"Untuk itu kita harus dorong mulai dari sekarang. Saat ini yang sudah kita lakukan sudah benar hanya saja perlu lebih digalakkan lagi bagaimana mendorong ekonomi kreatif ini," papar Triawan.

Dirinya menambahkan, pemerintah sekarang sudah benar dalam mendorong ekonomi kreatif sebagai salah satu penggerak ekonomi nasional. Pemerintahan Joko Widodo juga dinilai akan terus mengeluarkan berbagai kebijakan medorong para wirausaha.

"Pemerintah harus catch up ini, catch up dengan regulasi, dengan paket-paket kebijakan, dengan memberikan stimulus fiskal dan juga dengan keringanan pajak bagi para pelaku usahanya," pungkas dia.


(AHL)