Agus Hermanto: DPR Harus Transparan Soal Anggaran Pembangunan Gedung

Githa Farahdina    •    Selasa, 03 Nov 2015 13:51 WIB
gedung baru dprdpr ads
Agus Hermanto: DPR Harus Transparan Soal Anggaran Pembangunan Gedung
Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto--Foto: MTVN/Hardiat Dani Satria

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Ketua DPR Agus Hermanto menyadari anggaran Rp740 miliar untuk pembangunan gedung masuk di APBN 2016. Untuk itu, proses pembangunannya harus benar-benar transparan.

"Tentu ini harus dilaksanakan dengan transparan karena sudah banyak diketahui oleh publik. Jadi DPR harus transparan mulai pelaksanaan, sayembaranya, tendernya, dan lain sebagainya," kata Agus di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (3/11/2015).

Pelaksana pembangunan, tambah Agus, merupakan pihak eksternal, yakni pemerintah. Agus juga membantah masuknya anggaran pembangunan gedung baru DPR menjadi syarat diloloskannya APBN 2016. Menurut politikus Partai Demokrat itu, pembahasan dua hal tersebut dilakukan terpisah.

Hal yang diperdebatkan dalam pembahasan APBN 2016 adalah penyertaan modal negara (PMN), bukan anggaran gedung baru. Hal itu yang membuat skors sidang pengesahan membutuhkan waktu panjang. Pembahasan PMN mendapat banyak catatan dari masing-masing fraksi.

"Yang paling alot masalah PMN. Karena DPR banyak berpendapat seyogyanya BUMN bukan menggunakan uang APBN, tapi menyumbang untuk APBN. Ini sesuatu yang kurang pas," terangnya.

Penggunaan PMN Rp39 triliun dinilai tak sesuai kondisi ekonomi Indonesia. Posisi Indonesia pun disebut mengkhawatirkan.

"Pemerintah harus memikirkan penguatan eknomi. Seyogyanya dipikirkan kembali. Apakah akan diberikan atau tidak itu tentunya akan dibahas nanti dalam APBNP 2016. Sehingga anggaran untuk PMN ini belum bisa dipergunakan," jelas Agus.


(MBM)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

6 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA