Hampir Lebihi Kapasitas, Pemda DIY Perluas TPAS Piyungan

Patricia Vicka    •    Selasa, 03 Nov 2015 15:32 WIB
sampah
Hampir Lebihi Kapasitas, Pemda DIY Perluas TPAS Piyungan
Sejumlah pekerja menangani sampah yang menggunung di TPAS Piyungan. (MTVN/Ahmad Mustaqim)

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Kapasitas Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Piyungan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta kini mulai hampir penuh sesak. Sampah dari Kabupaten Bantul, Sleman, dan Kota Yogyakarta itu sudah memenuhi lebih dari 85 persen kapasitas TPAS.

Kepala Dinas Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, Energi, dan Sumber Daya Mineral DIY, Rani Sjamsinarsi mengatakan akan memperluas TPAS Piyungan pada tahun 2016 sebesar 2.500 meter persegi.

“Kami sudah anggarkan untuk membeli tanah tahun depan sebanyak 2.500 meter. Letaknya masih disekitar TPAS,” ujar Rani melalui sambungan telepon di Yogyakarta, Selasa (3/11/2015).

Berdasarkan data pemda, kapasitas sampah di TPA Piyungan tahun 2014 sebanyak 1,736 juta meter kubik. Padahal, batas daya tampung TPAS Piyungan hanya mampu menampung sekita 2,4 juta meter kubik (m3). “Akhir 2014 lalu dari catatan saya kapasitasnya sudah 1,736 juta m3, belum ditambah tahun ini. Tiap hari volume sampahnya nambah sebanyak 158.829 ton,” jelasnya.

Selain itu, untuk mengurangi volume sampah, pihaknya tengah mengkaji kemungkinan adanya pengelolaan limbah menjadi sumber energi. Namun, pihaknya belum bisa menjelaskan jenis teknologi apa yang akan digunakan untuk mengolah sampah karena sedang dalam tahap pengkajian.

“Tahun ini baru pindah (kelembagaannya) ke kami(Dinas PU-ESDM), jadi masih konsolidasi, masih dipersiapakan langkah-langkah atau rencana-rencana tahun depan,” tegasnya.

TPAS Piyungan yang memiliki luas 10 hektare terbagi menjadi tiga zona. Dalam kompleks TPAS, ada sekitar 400 pemulung yang mengais dan mencari nafkah dari sampah setiap harinya. Juga ada sekitar 500 ekor sapi yang mencari makan di area bawah perbukitan ini.


(SAN)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

6 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA