Google Ingin Perbaiki Versi Terjemahan dari Aplikasi

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 03 Nov 2015 16:39 WIB
google
Google Ingin Perbaiki Versi Terjemahan dari Aplikasi
Google berusaha memperbaiki kualitas terjemahan dari sebuah apikasi. (Engadget)

Metrotvnews.com: Sebuah aplikasi tak hanya digunakan orang-orang yang memiliki bahasa ibu yang sama dengan sang pengembang. Karena itulah, tidak jarang, para pengembang harus menerjemahkan aplikasi yang mereka buat ke dalam bahasa asing.

Satu hal yang menjadi masalah adalah, bahkan dengan bantuan mesin penerjemah, hasil terjemahan yang ada masih tetap sulit dimengerti. Menyadari masalah ini, Google lalu mencari cara untuk membantu para pengembang untuk menerjemahkan aplikasi mereka dengan lebih baik.

Seperti disebutkan Engadget, masalah utama pada mesin penerjemah adalah karena mesin tak mengerti konteks. Misalnya kata "auto" dalam bahasa Perancis memiliki dua arti: otomatis atau otomobil.

Pengartian kata "auto" tergantung pada konteks penggunaan kata. Karena itulah, Google lalu melakukan Language Quality Survey (LQS). Melalui survei ini, pengembang dapat menanyakan 10 pertanyaan pada orang asing yang memiliki bahasa ibu lain.

Para peneliti Google awalnya melakukan survei ini karena adanya bukti bahwa aplikasi YouTube yang menggunakan bahasa asing tidak diterjemahkan dengan sesuai. Pertanyaan dalam survei ini didesain untuk mengukur apakah versi terjemahan dari sebuah aplikasi mudah dimengerti dan apakah ada inkonsistensi penerjemahan di aplikasi. Dan berdasarkan survei ini, ditemukan bahwa satu per tiga bahasa asing yang digunakan memiliki kualitas di bawah standar.

Dengan survei ini, Google dapat mengurangi dua per tiga kesalahan yang ada. Mereka juga telah mengaplikasikan metode ini untuk memperbaiki Docs, Analytics dan aplikasi lainnya. Saat ini, survei dari Google ini sudah dapat diakses oleh semua pengembang. Dengan begitu, diharapkan pengembang dapat menerjemahkan aplikasi mereka dengan lebih baik.


(ABE)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

6 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA