Ini Beberapa Kemiripan Wapres JK dan Wapres India

Dheri Agriesta    •    Selasa, 03 Nov 2015 16:05 WIB
indonesia-india
Ini Beberapa Kemiripan Wapres JK dan Wapres India
Wakil Presiden Jusuf Kalla (ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf)

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) memperlihatkan kedekatannya dengan Wakil Presiden India Mohammad Hamid Ansari. Dalam Indonesia-India Bussiness Forum, dua pimpinan negara ini terlihat akrab.

JK mengaku ada kesamaan secara personal antara dirinya dan Wapres India. Adapun kesamaan yang dimaksudkan adalah dua pimpinan ini memiliki nama depan yang sama.

"Nama depan saya juga Muhammad (sama dengan nama depan Wapres Ansari), kemudian kita sama-sama Wapres ke-12 di negara masing-masing," kata JK, dalam sambutannya di acara India-Indonesia Bussiness Forum, di Hotel Shangri-La, Sudirman, Jakarta Pusat, Selasa (3/10/2015).

Selain itu, dua pimpinan negara ini memiliki kesamaan telah dua kali menjadi Wakil Presiden di negara masing-masing. Tak hanya itu, mereka juga mendampingi dua presiden yang berbeda saat menjabat.

Tak hanya secara pribadi, Indonesia dan India memiliki kesamaan di beberapa bidang. Dua negara ini memiliki bisnis yang tersebar di dunia. Selain itu, Indonesia merupakan negara yang cukup ramah untuk berinvestasi, terutama bagi India.

"Indonesia juga merupakan tempat yang bagus untuk investasi bagi India, seperti India yang bisnisnya mulai menyebar dan bertumbuh," kata JK.

Indonesia, lanjut JK, sedang berkembang di beberapa sektor ekonomi. Seperti India yang sedang berkembang dari sektor pertanian menuju negara yang mengutamakan industri.

"Itu salah satu hal yang kita inginkan untuk berkembang, yaitu pasar dan material. Indonesia memiliki potensi yang terbesar di perdagangan, karena jika hanya satu potensi itu bukan perdagangan," pungkas JK.


(ABD)