Buruh Demak Minta UMK di Atas Rp2 Juta

Deo Dwi Fajar Hari    •    Selasa, 03 Nov 2015 16:53 WIB
ump
Buruh Demak Minta UMK di Atas Rp2 Juta
Massa buruh di halaman Kantor DPRD Demak. (Metrotvnews.com/Deo Dwi Fajar)

Metrotvnews.com, Demak: Ribuan buruh yang tergabung dalam Gerakan Buruh Demak (Gerbak) dan Federasi Kesatuan Serikat Pekerja Nasional (FKSPN) menutup jalan Jalan Pantura Semarang-Demak, Selasa (3/11/2015).

Mereka menggelar demonstrasi di halaman Kantor DPRD Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Ribuan buruh mengendarai sepeda motor dan truk, mendapat pengawalan ketat dari Polres Demak. 

Jangkar Puspita, sebagai korlap aksi, menyebut buruh menuntut dua hal. Yakni menolak rencana PP No 78 Tahun 2015 terkait pengupahan dan upah minimun kabupaten yang dianggap sudah tidak memenuhi kebutuhan layak hidup.

"Kami kaum buruh hanya ikut arahan bos, tapi kalau bosnya tidak memberikan gaji sesuai kebutuhan hidup, apakah itu yang disebut mengayomi buruh," katanya.

Buruh meminta wakil rakyat untuk mengesahkan UMK Demak tahun 2016 dengan nilai Rp2.020.000. Angka tersebut dinilai sesuai dengan kehidupan layak buruh. 

Buruh akan melakukan aksi serupa bila permintaan tidak dipenuhi. Para buruh juga mengancam akan membawa massa lebih banyak.


(SAN)

Fredrich Menduga Majelis Hakim tak Adil

Fredrich Menduga Majelis Hakim tak Adil

1 day Ago

Fredrich menyesalkan sikap JPU KPK yang dinilai sengaja tidak mau menghadirkan sejumlah saksi k…

BERITA LAINNYA