Kriteria Nasabah Dapatkan Kredit via Program Jaring

Eko Nordiansyah    •    Selasa, 03 Nov 2015 17:38 WIB
kredit
Kriteria Nasabah Dapatkan Kredit via Program Jaring
Ilustrasi BRI (MI/MOHAMAD IRFAN)

Metrotvnews.com, Jakarta: Direktur Bisnis dan UMKM PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) Mohammad Irfan menjelaskan kriteria yang ditetapkan untuk bisa mendapatkan layanan kredit melalui Program Jangkau, Sinergi dan Guideline (Jaring) adalah tidak memiliki catatan hitam di perbankan.

"Nasabah yang pasti tidak boleh sebelumnya terkena daftar hitam atau punya kredit bermasalah, itu harus bersih dari catatan-catatan seperti itu," ujar Irfan, di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Selasa (3/11/2015).

Irfan menegaskan jika kredit yang diberikan bank bukan modal awal usaha melainkan tambahan modal usaha. Untuk itu, penting melihat bagaimana prospek yang dimiliki oleh setiap pengusaha yang mengajukan kredit.

"Artinya mereka sudah ada, sudah punya dan jalan usahanya dan mau dikembangkan atau ditingkatkan omzet dan penjualannya. Kkita kasih modal kerja dan untuk investasi. Yang penting usahanya harus layak dulu, karena penting untuk memenuhi kewajibannya," terang dia.

Selain itu, lanjut Irfan, bila memang para nelayan atau pengusaha sektor perikanan dan kelautan belum memiliki akses perbankan, maka akan ada skema khusus. Sama seperti skema yang diterapkan pada Kredit Usaha Rakyat (KUR).

"Siapapun itu (bisa dibiayai) asal ada skimnya untuk buruh nelayan atau pengusaha. Jadi kita bisa kasih kredit sesuai kebutuhan. Kita enggak bisa kasih kredit ke nelayan yang belum punya alat produksi," pungkasnya.


(ABD)

Fredrich Menduga Majelis Hakim tak Adil

Fredrich Menduga Majelis Hakim tak Adil

1 hour Ago

Fredrich menyesalkan sikap JPU KPK yang dinilai sengaja tidak mau menghadirkan sejumlah saksi k…

BERITA LAINNYA