Hindari Konsumsi Makanan Ini Secara Berlebihan

   •    Selasa, 03 Nov 2015 17:45 WIB
kesehatan
Hindari Konsumsi Makanan Ini Secara Berlebihan
Batasi makan wortel. (thefatkidinside.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tubuh Anda membutuhkan asupan mineral, vitamin, protein dan zat-zat lain yang berbeda untuk membuat Anda tetap berstamina. Namun, makanan sehat dapat membahayakan kesehatan Anda bila dikonsumsi secara berlebihan. 

Batasi asupan makanan Anda secara wajar supaya tetap mempertahankan diet seimbang. Dan berikut beberapa makanan sehat yang jika disantap berlebih justru menimbulkan bahaya bagi kesehatan.

1. Wortel
Terlalu banyak makan wortel membuat tubuh Anda menyerap terlalu banyak beta-karoten. Artinya, menyebabkan konsentrasi darah tidak teratur yang berakhir warna kulit menjadi oranye.

2. Kopi
Menyesap kopi berlebihan membawa Anda pada masalah dengan sistem saraf, insomnia, tremor otot bahkan debaran jantung yang tiada henti. Cukup minum dua cangkir kopi setiap harinya.

3. Minyak ikan
Mengonsumsi terlalu banyak asam lemak omega-3 dapat membuat darah Anda menipis yang berdampak secara signifikan pada kesehatan. Studi menunjukkan bahwa terlalu banyak makan minyak ikan juga memicu keracunan vitamin A, masalah penglihatan dan mual.

4. Ikan tuna
Makan ikan tuna terlalu banyak menambahkan methylmercury yang semakin besar untuk Anda. Senyawa ini menyebabkan masalah penglihatan, tidak fokus bahkan menghambat perkembangan pada anak-anak. Menyantap tuna sekiranya hanya sekali dalam seminggu untuk mengeluarkan racun dari tubuh.

5. Kayu manis
Kayu manis mengandung coumarin, yang dapat menyebabkan kanker atau toksisitas hati jika dikonsumsi dalam jumlah tinggi. Studi menunjukkan bahwa hanya 2 gram kayu manis yang dibutuhkan tubuh setiap harinya.

6. Kacang brasil
Kacang brazil kaya akan selenium. Nah, kalau dikonsumsi dalam jumlah tinggi dapat menjadi racun yang malah balik menyerang tubuh Anda. 

7. Belimbing
Menyantap belimbing secara berlebihan mengarahkan Anda pada masalah ginjal yang cukup permanen. Makanlah belimbing dengan jumlah sewajarnya saja. (Sumarni/ Boldsky)


(LOV)