Waspada, Rupiah Masih Bisa Tembus di Atas Rp14.000/USD

Dian Ihsan Siregar    •    Selasa, 03 Nov 2015 18:32 WIB
kurs rupiah
Waspada, Rupiah Masih Bisa Tembus di Atas Rp14.000/USD
Ilustrasi. FOTO: ANTARA/Yudhi Mahatma

Metrotvnews.com, Jakarta: Masih banyaknya sentimen dan ketidakpastian di dalam negeri, membuat nilai tukar rupiah terhadap dolar AS (USD) masih akan menembus di atas Rp14.000 per USD.

"Rupiah tidak ada konsistensi sampai saat ini. Rupiah akan berfluktuatif di posisi Rp13.000-Rp14.000 per USD hingga akhir tahun, bahkan bisa tembus di atas Rp14.000 per USD," ungkap Chief Market Analys & Vice President Corporate Development ForexTime Ltd (FXTM) Jameel Ahmad kepada Metrotvnews.com, Selasa (3/11/2015).

Jameel menambahkan, pelaku pasar juga masih mewaspadai akan terombang-ambingnya para pengambil kebijakan terhadap suku bunga Amerika Serikat (AS) oleh The Federal Reserve. Alhasil, kondisi ini membuat rupiah terkena sentimen negatifnya.

Selain itu, harga komoditas dan pertumbuhan ekonomi Tiongkok yang melemah juga bisa memberikan impact besar bagi kinerja rupiah hingga akhir tahun ini. Di mana pertumbuhan ekonomi Tiongkok diperkirakan masih akan melemah.

Di samping itu, pertumbuhan ekonomi Indonesia yang menurun juga memberikan dampak bagi laju rupiah di akhir tahun. "Inilah yang membuat faktor rupiah jatuh tertekan, pertumbuhan ekonomi Tiongkok turun, harga komoditas turun juga, dampaknya ke Indonesia yang menyebabkan pertumbuhan ekonomi melemah," jelas dia.

"Rupiah bisa menempati posisi Rp13 ribu, bahkan di bawah Rp13 ribu per USD, asalkan harga minyak stabil. Namun, harga minyak saat ini belum menunjukkan angka yang membahagiakan. Tapi ‎kalau misalkan harga penjualan minyak akan terus menguat, maka akan menguatkan tekanan terhadap harga komoditas juga. Jadi masih ada risiko tetap tembus ke Rp14 ribu per USD," ‎tutup Jameel.


(AHL)