Contoh Finlandia, Pemerintah Bakal Konversi Lahan Gambut Jadi Energi

Desi Angriani    •    Selasa, 03 Nov 2015 21:34 WIB
asap
Contoh Finlandia, Pemerintah Bakal Konversi Lahan Gambut Jadi Energi
Presiden Joko Widodo (kanan) berbincang empat mata dengan Presiden Finlandia Sauli Vainamo Niinisto (kiri) di teras belakang Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (3/11). ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah berencana mengonversi lahan gambut menjadi energi selayaknya di Finlandia. Rencana tersebut merupakan salah satu kesepakatan kerja sama antara Presiden Joko Widodo dan Presiden Finlandia Sauli Niinisto.

"Sepertiga dari wilayah Finlandia adalah gambut dan Finlandia sudah convert lahan gambut ini menjadi energi," ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Selasa (3/11/2015), sore.

Menurut dia, kontribusi energi yang berasal dari gambut di Finlandia mencapai lima hingga tujuh persen. Dia mengatakan, kecil kemungkinan terjadi kebakaran hutan dan lahan jika pengelolaan gambut dilakukan sebagaimana negara tersebut. "Jadi ini yang nanti akan didalami oleh menteri," imbuh dia.

Retno menjelaskan, pembahasan tata kelola lahan gambut masuk ke dalam tema perubahan iklim dan sustainable forestry. "Di dalamnya antara lain ada isu mengenai masalah lahan gambut, manajemen lahan gambut," pungkas dia.

Menteri Sekretaris Pratikno sebelumnya mengatakan, Presiden Jokowi akan memanfaatkan pertemuan dengan Presiden Finlandia untuk membahas tata kelola lahan gambut agar tidak berdampak pada kebakaran hutan.

"Finland kan juga punya gambut. Jadi kita ingin tangani gambut ini dan banyak negara cukup berhasil dan kita harus perbaiki itu bagaimana tata kelola gambut," ujar Pratikno

Menurut Pratikno, pembahasan soal gambut merupakan wujud keseriusan Presiden menangani masalah kebakaran hutan dan lahan di Indonesia. "Gambut bukan hanya masalah kita. Banyak negara lain berhasil dan kita juga harus berhasil. Dan Presiden serius menangani ini," imbuh mantan Rektor UGM ini.


(OGI)