2.264 Warga Suku Anak Dalam Masuk DPT Pilkada Jambi

Antara    •    Selasa, 03 Nov 2015 21:55 WIB
pilkada serentak
2.264 Warga Suku Anak Dalam Masuk DPT Pilkada Jambi
Ilustrasi/Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Jambi: Komisi Pemilihan Umum provinsi Jambi menyebutkan ada 2.264 warga Suku Anak Dalam masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) pilkada 9 Desember. Komisioner KPU Jambi, Sanusi,  mengatakan sebaran warga Suku Anak Dalam tersebut berada di empat Kabupaten, yakni Batanghari dengan jumlah pemilih 1.456 orang, Sarolangun 232 orang, Merangin 264 orang, dan Tebo 312 orang.

"Nantinya akan ada tiga TPS di Sarolangun, enam TPS di Merangin yang berbaur dengan warga sekitar, kemudian untuk Kabupaten Tebo satu TPS khusus dengan jumlah pemilih 260 dan yang lainnya menyebar," kata Sanusi, seperti dilansir Antara, Selasa (3/11/2015).

Sedangkan untuk Kabupaten Batanghari ada tiga TPS khusus di antaranya berada di tiga wilayah, yakni Desa Padang Kelapo, Sungai Lingkar, dan Batu Sawar dengan jumlah pemilih sebanyak 784 pemilih. "Kemudian Suku Anak Dalam di Desa Bungku Batanghari sebanyak 672 pemilih, TPS mereka bergabung dengan warga sekitar," ujarnya.

Sanusi menjelaskan, meskipun warga Suku Anak Dalam tersebut tinggal di daerah pinggiran yang sulit dijangkau karena kebiasaan berpindah-pindah, namun Suku Anak Dalam juga warga negara Indonesia yang punya hak pilih dan harus diakomodasi dalam pemilu. "Mereka harus kita akomodasi karena mereka perlu menyuarakan untuk menentukan pilihannya," katanya.

KPU dari kabupaten yang terdapat warga Suku Anak Dalam mengaku telah menyosialisasikan tata cara pencoblosan. "Warga Suku Anak Dalam perlu penjelasan detail tentang tata cara pencoblosan surat suara pilkada," ujarnya.


(UWA)

Fredrich Menduga Majelis Hakim tak Adil

Fredrich Menduga Majelis Hakim tak Adil

1 day Ago

Fredrich menyesalkan sikap JPU KPK yang dinilai sengaja tidak mau menghadirkan sejumlah saksi k…

BERITA LAINNYA