Jokowi Perintahkan Menristekdikti Cari Teknologi Buka Lahan

M Rodhi Aulia    •    Selasa, 03 Nov 2015 22:01 WIB
asap
Jokowi Perintahkan Menristekdikti Cari Teknologi Buka Lahan
Petugas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BPBD) Kabupaten Ogan Ilir (OI) menarik selang saat akan memadamkan kebakaran lahan gambut di Desa Palm Raya, Ogan Ilir, Sumsel. Rabu (30/9). ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebagian besar perusahaan membuka lahan dengan membakar lantaran dianggap lebih ekonomis. Tak ayal kebakaran hutan dan lahan serta dampaknya tidak terhindarkan.

Presiden Joko Widodo memerintahkan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir untuk memberikan solusi. Jokowi ingin adanya penerapan teknologi untuk pembukaan lahan ke depan.

Dalam Instruksi Presiden Nomor 11 Tahun 2015 yang dikeluarkan 24 Oktober, Jokowi berharap ada rekomendasi yang diberikan Menristekdikti kepada perusahaan melalui penerapan teknologi tanpa pembakaran.

Selain itu, Jokowi meminta Menristekdikti untuk mendayagunakan para dosen dan mahasiswa dari Fakultas Kedokteran untuk dapat berpartisipasi dalam membantu penanganan masalah kesehatan di daerah yang terkena dampak kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Jokowi juga mengeluarkan perintah ke Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno agar semua BUMN tersebut dapat menyisihkan sebagian dana bina lingkungan dan dana corporate social responsibility atau potensi yang dimiliki guna membantu dampak Karhutla.


(OGI)