Warga Tangsel Senang Dapat Pelayanan Kesehatan Gratis

Arga sumantri    •    Selasa, 03 Nov 2015 23:53 WIB
tangerang selatan
Warga Tangsel Senang Dapat Pelayanan Kesehatan Gratis
Puskesmas di Tangerang Selatan. MTVN/Arga Sumantri

Metrotvnews.com, Tangerang: Pemerintah kota Tangerang Selatan (Tangsel) sejak tiga tahun terakhir sudah menerapkan kebijakan pelayanan kesehatan gratis bagi warga Tangsel di Puskesmas. Sejumlah warga Tangsel mengaku terbantu dengan adanya kebijakan Pemkot.

"Saya check-up ini. Memang rutin ke sini. Iya gratis, Alhamdulillah," kata seorang warga Apang, 42, kepada Metrotvmews.com, saat tengah mengantri berobat di Puskesmas Serpong, Tangsel, Banten, Selasa (3/11/2015).

Apang, mengaku tak sanggup kalau harus rutin periksa medis ke rumah sakit swasta. Meski gratis, kata Apang, pelayanan kesehatan yang dia dapat, tak jauh beda dengan rumah sakit swasta. "Untungnya walau gratis, pelayanannya cukup bagus. Hanya mungkin ini soal ngantrinya saja karena ramai kan," tambah dia.

Thami Kusuma, warga Tangsel lainnya, juga memilih Puskesmas sebagai tempat rutin mengecek darah. Selain gratis, jarak dengan rumahnya yang dekat membuat dia tak ragu berobat ke Puskesmas. "Karena kan dekat sama rumah. Terus karena saya kan punya KTP sini (Tangsel), gratis lumayan," ungkap Thami.

Budi Raharjo, Kasubag TU Puskesmas Serpong menyebut antusiasme warga berobat ke Puskesmas tergolong tinggi. Terlebih setelah Pemkot Tangsel menetapkan kebijakan berobat gratis di Puskesmas. "Rata-rata kita menerima 50-75 orang yang berobat lah per-hari. Kita tanggal merah juga tetap masuk," ungkap dia.

Namun, bagi warga yang tidak bisa menunjukkan KTP Tangsel, Puskesmas terpaksa tidak bisa memberikan pelayanan kesehatan gratis. "Kecuali ada surat pengantar RT RW, atau bagi yang dibawah umur bisa dengan menunjukkan kartu keluarga," beber Budi.


(OGI)