FC Astana vs Atletico Madrid

Bikin Atletico Frustasi, Astana Belum Terkalahkan di Kandang

Patrick Pinaria    •    Rabu, 04 Nov 2015 00:32 WIB
liga champions
Bikin Atletico Frustasi, Astana Belum Terkalahkan di Kandang
Gelandang Atletico Madrid Tiago Mendes (Kiri) berduel dengan penyerang Astana Serikzhan Muzhikov (Kanan) (Foto: AP/Alexey Filippov)

Metrotvnews.com, Astana: FC Astana benar-benar membuktikan mentalitas mereka sebagai tuan rumah. Itu terbukti setelah mereka berhasil menahan Atletico Madrid dengan skor 0-0 pada matchday 4 fase Grup F Liga Champions, Rabu 3 November malam hari tadi.

Performa Astana memang patut diapresiasi. Meski bermain dengan pengusaan bola 36 persen, mereka mampu membuat lini serang Atletico frustrasi. 

Tercatat, El Atleti melepaskan 13 peluang yang berbuah dua tembakan mengarah ke gawang. Sementara itu, Astana menciptakan delapan peluang yang berbuah dua tembakan mengarah ke gawang.

Memasuki babak pertama, Astana mencoba membuat pertahanan Atletico panik dengan peluang dari Dmitri Shomko lewat tendangan bebas pada menit ketujuh. Namun, peluang tersebut belum mampu menembus gawang Jan Oblak.

Atletico mencoba membalikkan situasi. Mereka langsung mengendalikan permainan dan mendapat peluang pada menit ke-11 dari Tiago Mendes. Beruntung, Shomko mampu menggagalkan peluang itu.

Laga berjalan alot setelah memasuki menit ke-20. Atletico yang mengendalikan permainan pada laga ini tak mampu memberikan ancaman yang berarti.

Peluang emas akhirnya tercipta pada menit ke-31 lewat striker Atletico Fernando Torres. Lagi-lagi, upaya striker asal Spanyol itu belum mampu memecah kebuntuan.

Hingga turun minum, kedua tim belum mampu mencetak gol. Skor 0-0 alias kacamata bertahan.

Situasi tak berubah ketika memasuki babak kedua. Atletico masih mengendalikan permainan. Sementara itu, Astana tetap tampil disiplin bertahan dan mengandalkan serangan balik. Sayangnya, dominasi Atletico belum mampu membuahkan gol ketika laga sudah memasuki satu jam. 

Kebuntuan ini memaksa pelatih Atletico Diego Simeone melakukan sebuah perubahan. Terutama di lini depan. Pada menit ke-64, ia menarik Torres dan digantikan Jackson Martinez. Akan tetapi, taktik tersebut tak memberikan jawaban berarti pada laga ini.

Simeone kembali melakukan perubahan di lini tengah. Pada menit ke-73, Saul Niguez ditarik dan digantikan Yannick Carrassco. Strategi ini cukup berbuah hasil dan memberikan angin segar untuk penyerangan Atletico.

Terbukti, Atletico mendapat dua peluang emas dari Antoine Griezmann dan Carrasco. Namun, kedua peluang tersebut belum mampu membuahkan hasil. 

Hingga laga usai, kedua tim tak mampu menciptakan gol. Skor 0-0 bertahan.

Tambahan satu poin membuat posisi Atletico di puncak klasemen belum aman. Meski memimpin dengan mengoleksi tujuh poin, mereka hanya unggul satu poin dari peringkat kedua, Benfica yang baru akan bermain pada dini hari nanti menghadapi Galatasaray.

Sementara itu, hasil ini juga membuat Astana masih bertahan di posisi juru kunci dengan mengoleksi dua poin. Namun, hasil tersebut cukup membanggakan karena mereka tercatat belum terkalahkan di kandang sepanjang fase grup Liga Champions musim ini.


Susunan pemain kedua tim:

FC Astana: Nanad Eric, Branko Ilic, Yevgeny Postnikov, Marin Anicic, Dmitri Shomko, Bauyrzhan Dzholchiev, Roger Canas, Nemanja Maksimovic, Foxi Kethevoama, Junior Kabananga, Serikzhan Muzhikov.

Atletico Madrid: Jan Oblak, Juanfran, Jose Gimenez, Diego Godin, Guilherme Siqueira, Saul Niguez, Gabi, Tiago Mendes, Koke, Fernando Torres, Antoine Griezmann.


(PAT)