On This Day!

2001: Ketahuan Doping, Pep Guardiola Coreng Nama Besarnya

Rendy Renuki H    •    Rabu, 04 Nov 2015 02:36 WIB
liga duniapada hari ini
2001: Ketahuan Doping, Pep Guardiola Coreng Nama Besarnya
Josep Guardiola (kanan) bersama Stephen Appiah dan Roberto Baggio kala bermain bagi Brescia (Foto: istimewa/google)

Metrotvnews.com, Jakarta: Hari ini, Josep 'Pep' Guardiola mencoreng namanya besarnya sendiri kala ketahuan memakai doping saat bermain bagi Brescia, 4 November 2001 silam. Bintang Spanyol tersebut positif menggunakan zat steroid nandrolone saat timnya dibekuk Lazio 0-5 pada laga Liga Serie-A Italia.

Guardiola yang hengkang dari Barcelona ke Brescia pada bulan sebelumnya pun telah diketahui positif memakai doping saat timya melawan Piacenza. Atas tindakannya tersebut, gelandang bertahan ini pun menerima larangan empat bulan merumput membela timnya.

Steroid nandrolone sendiri adalah senyawa organik yang menciptakan protein untuk meningkatkan masa otot. Meski Guardiola pun membantah telah mengonsumsi zat tersebut, namun hukuman tetap diberikan padanya atas hasil tes kedua kalinya.

Hukuman terhadap doping tersebut pun mulai digalakkan pada 22 November. Peraturan doping tersebut pun diberlakukan FIFA bagi seluruh klub sepak bola dan tim nasional di setiap pertandingan.

Pada 29 September 2009, tepatnya hampir delapan tahun dari tanggal tes positif dopingnya, Pep akhirnya dibebaskan dari semua tuduhan. Namun, saat itu Pep telah gantung sepatu dan tengah menjalankan peran sebagai pelatih Barcelona.

Pep melatih Azulgrana dari 2008 hingga 2012 lalu. Prestasi Bacelona menggila di bawah asuhan eks gelandang timnas Spanyol tersebut. Tim Katalan menyabet tiga gelar La Liga Spanyol dan dua trofi Liga Champions.

Pada Januari 2013, ia hijrah menukangi raksasa Jerman Bayern Muenchen. Sentuhan tangan dinginnya pun berlanjut bersama Die Rotten dengan memenangkan gelar liga di musim pertamanya bertualang di Bundesliga Jerman. (TDIFH)


(REN)