Jumlah Sapi Lokal Belum Penuhi Kebutuhan Dalam Negeri

Gervin Nathaniel Purba    •    Rabu, 04 Nov 2015 08:22 WIB
impor sapi
Jumlah Sapi Lokal Belum Penuhi Kebutuhan Dalam Negeri
Ilustrasi. ANTARA FOTO/Jafkhairi

Metrotvnews.com, Jakarta: Asosiasi Produsen Daging Sapi dan Feedlot Indonesia (Apfindo) menilai jumlah sapi lokal saat ini belum bisa memenuhi kebutuhan konsumsi dalam negeri.

"Sapi impor hanya memenuhi kebutuhan 20 persen dari kebutuhan konsumsi nasional, dan 80 persennya dari sapi lokal," ujar Direktur Eksekutif Apfindo, Djoni Liano, saat ditemui di Kantin Kendal, Jalan Kendal Nomor 1, Jakarta Pusat, Selasa, 3 November 2015.

Menurut Djoni, data yang diperolehnya dari Kementerian Pertanian (Kementan) memeaparkan jumlah sapi lokal saat ini masih belum siap secara total untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Oleh sebab itu, Ia menyayangkan sikap pemerintah yang mengambil keputusan untuk mengurangi kuota impor sapi bakalan.

"Kita tahu beberapa waktu lalu terjadi kelangkaan daging sapi di pasar, kemudian banyak yang beranggapan bahwa ada yang melakukan langkah penimbunan dan lain sebagainya, yang sebenarnya terjadi adalah stok sapi kita menurun karena ada pemotongan kuota impor sapi," tambah Djoni.

Djoni berharap agar Kementerian atau Lembaga terkait bersama stakeholder duduk bersama dan membahas untuk penggunaan satu sumber data akurat yang bisa disepakati. Dengan begitu, kebijakan impor dapat dilakukan dengan tepat.

"Kedepannya kita menggunakan data dari Bappenas, untuk mengambil kebijakan lanjutan," jelasnya.


(AHL)