Pengawasan Pencegahan Kawasan Hutan Wajib Diperketat

Media Indonesia    •    Rabu, 04 Nov 2015 09:02 WIB
asap
Pengawasan Pencegahan Kawasan Hutan Wajib Diperketat
Kebakaran lahan----Ant/Nova W

Metrotvnews.com, Jakarta: Peningkatan pengawasan atau monitoring kawasan hutan dan lahan menjadi hal utama dalam upaya pencegahan kebakaran hutan. Monitor harus dilakukan secara intensif, baik pada wilayah hutan yang sehat ataupun hutan sisa pembakaran.

"Dari hasil pemeriksaan di lapangan, tidak ada satupun perusahaan yang mematuhi semua aturan terkait pengelolaan lahan yang seharusnya mereka patuhi," ujar Pakar Gambut Bambang Hero Saharjo, kemarin.

Bambang mengatakan, perusahaan pengelola hutan kerap lalai dalam menjalankan kewajiban untuk memenuhi syarat usaha berbasis keseimbangan ekosistem. Praktik pengelolaan hutan tanpa pemenuhan syarat analisa dampak lingkungan (amdal) membuat ekosistem di hutan rusak.

"Kalau mau benar-benar serius mencegah, harus dimaksimalkan. Semua pihak dilibatkan, pakar-pakar, pemerintah, korporasi, dan masyarakat. Tidak hanya ketika bencana, tetapi harus berlanjut sebagai upaya pencegahan. Perlu dilakukan audit kepatuhan bagi korporasi dan pemerintah terkait, baik pusat, provinsi, kabupaten, dan kota," tambah Bambang.

Selain itu, Bambang juga mengatakan, perlu dilakukan pengujian perizinan yang telah diberikan pada perusahaan atau individu. Bersamaan dengan hal tetsebut, juga harus dilakukan upaya managemen pengendalian kebakaran hutan, pada saat sebelum hingga pasca bencana.(Putri Rosmalia Octaviyani)


(TII)