Sektor Perdagangan Dominasi Penyaluran KUR BRI Manado

   •    Rabu, 04 Nov 2015 11:06 WIB
bri
Sektor Perdagangan Dominasi Penyaluran KUR BRI Manado
Ilustrasi BRI. (FOTO: Ilustrasi Media Indonesia)

Metrotvnews.com, Manado: PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (Persero) (BRI) Wilayah Manado mencatat sektor perdagangan mendominasi penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR). BRI Wilayah Manado siap mengoptimalkan berbagai macam cara agar penyaluran KUR bisa mencapai target.

"Memang diakui sektor perdagangan mendominasi pembiayaan KUR di empat provinsi yang menjadi wilayah kerja BRI Manado, yakni di Provinsi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Gorontalo, dan Maluku Utara," kata Pimpinan Wilayah BRI Manado Yoshua P Hutapea, seperti dikutip dari Antara, di Manado, Rabu (4/11/2015).

Yoshua menjelaskan, khusus untuk sektor perdagangan tercatat memiliki porsi sebesar 70 persen dari keseluruhan penyaluran KUR BRI Manado, kemudian disusul sektor perikanan sebesar 12 persen, dan pertanian sebesar 10 persen.

"Namun, kami yakin akan terus meningkat karena masih ada dua bulan lagi untuk menyalurkan KUR di 2015 ini," jelasnya.

Dia menyebutkan, sampai 28 Oktober 2015, penyaluran KUR oleh BRI Manado sudah mencapai Rp188 miliar dengan jumlah debitur sebanyak 12.634 orang. "Penyaluran paling besar ke sektor mikro yakni maksimal Rp25 juta, dengan debitur mencapai 12.500 orang," ungkapnya.

Sedangkan untuk retail yakni dari Rp25 juta hingga Rp500 juta, baru 134 debitur. "BRI Manado menargetkan penyaluran KUR hingga akhir 2015 sebesar Rp680 miliar, dan optimistis akan tercapai," pungkasnya. 


(ABD)