PAN Kembali Tegaskan Tak Incar Kursi Jaksa Agung

Githa Farahdina    •    Rabu, 04 Nov 2015 11:10 WIB
jaksa agung
PAN Kembali Tegaskan Tak Incar Kursi Jaksa Agung
Yandri Susanto---MI/Susanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Wacana penggantian Jaksa Agung Muhammad Prasetyo kembali merebak. Partai Amanat Nasional (PAN) disebut-sebut mengincar kursi tersebut buat kadernya.

Namun, Ketua DPP PAN Yandri Susanto menampik kabar tersebut. Menurut Yandri, PAN tak terpikir soal itu dan sama sekali tak mempersiapkan diri.

"PAN belum sama sekali menyiapkan nama (untuk masuk kabinet Jokowi)," kata Yandri ketika dihubungi, Rabu (4/11/2015).

Sekretaris Fraksi PAN di DPR RI ini juga membantah adanya kesepakatan antara PAN dengan pemerintah. Meskipun, PAN di bawah pimpinan Zulkifli Hasan ini sudah merapat ke pemerintah.

"Tidak ada deal politik. PAN tidak pernah mengincar posisi apapun," ujar anggota Komisi II ini.

Wacana pergantian Jaksa Agung mulai mengemuka ke publik lantaran Prasetyo dituding bermain dalam kasus dana bantuan sosial Sumatera Utara. Kabar berembus setelah KPK menyidik kasus suap terhadap PTUN Medan yang menyidangkan gugatan Ahmad Fuad Lubis terkait kewenangan Kejaksaan Tinggi Sumut dalam kasus bansos.

Belakangan terungkap, ada dugaan pengaturan kasus yang bertujuan menghentikan kasus penyelidikan dana bansos Sumut di Kejaksaan Agung. Apalagi kemudian, KPK menetapkan Patrice Rio Capella terkait gratifikasi bansos. Gratifikasi itu diduga buat mengamankan kasus di Kejaksaan Agung.

Kejaksaan menampik ada permainan. Sebaliknya, Kejagung kemudian menetapkan Gatot Pujo Nugroho, Gubernur nonaktif Sumut sebagai tersangka. Namun, penetapan tersebut malah memperuncing isu pencopotan Prasetyo.


(TII)